UNIT FAKULTAS

A. UNIT PENJAMINAN MUTU (UPM)

Sesuai Peraturan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor 1 Tahun 2020 Unit Penjaminan Mutu (UPM) merupakan unit di Fakultas yang bertugas membantu Dekan dalam pelaksanaan penjaminan mutu.

Tugas pokok UPM adalah melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik dan evaluasi internal penjaminan mutu sesuai yang telah ditetapkan oleh Universitas Padjadjaran. UPM juga berkewajiban untuk mengoordinasikan proses penjaminan mutu di seluruh unit kerja, memberikan rekomendasi kepada Dekan terkait penjaminan mutu termasuk melaksanakan pengembangan dan pelaksanaan standar mutu dan audit internal. Dalam proses akreditasi program studi tingkat nasional, UPM bertugas mengoordinasikan kegiatan penyusunan evaluasi diri dan asesmen lapang. Dalam kegiatannya, UPM berkoordinasi dengan Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Padjadjaran.

Kepala Unit Penjaminan Mutu :
Dr. rer. nat. Shally Novita
Email: s.novita@unpad.ac.id

Tim Adhoc Penjaminan Mutu :
Vidya Anindhita, S.Psi, M.Psi., Psikolog
Email: vidya.anindhita@unpad.ac.id

INFORMASI LEBIH LANJUT

B. UNIT INTERNASIONALISASI

Unit Internasionalisasi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dibentuk untuk mendukung dan memfasilitasi setiap elemen di fakultas psikologi dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan kerjasama skala internasional. Tujuan kami selaras dengan visi Universitas Padjadjaran untuk menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2026. Unit Internasionalisasi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran berusaha mendorong dan mengembangkan kesempatan bagi mahasiswa, dosen, peneliti dan alumni Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran terlibat dalam berbagai aktivitas berskala internasional. Kami mempublikasikan, menyebarkan, dan mengorganisir informasi serta acara-acara di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang dapat membuka peluang terhadap kesempatan serta kolaborasi berskala internasional.

Kepala Unit Internasionalisasi:
Asteria Devy Kumalasari, S.Psi., M.Sc., Psikolog (asteria.devy@unpad.ac.id)
Email: international.fapsi@unpad.ac.id

INFORMASI LEBIH LANJUT

C. LABORATORIUM PSIKOLOGI

Laboratorium Psikologi merupakan unit kerja yang bertugas untuk memfasilitasi semua kegiatan praktikum mahasiswa, penelitian dan pengembangan alat eksperimental psikologi. Ide awal pembuatan laboratorium psikologi sudah ada sejak Fakultas Psikologi unpad berdiri yaitu tahun 1961 yang dipimpin oleh pendiri Fakultas psikologi. Tujuannya adalah memfasilitasi pembuatan tugas akhir mahasiswa atau lebih dikenal dengan skripsi metodik. Seiring dengan perubahan kurikulum dari waktu ke waktu, Laboratorium Psikologi memfasilitasi kegiatan kuliah lainnya seperti Biopsikologi dalam penyediaan miniatur otak manusia, Praktikum psikodiagnostika dan konseling serta praktikum dengan metode eksperimental dimana pengembangan alat experimen psikofisik dikembangkan.

Untuk menjawab tantangan global, sejak tahun 2018, Laboratorium Psikologi mulai mengembangkan “Computer based experimental assessment” dengan program unggulan pengembangan Implicit Associative Test untuk pengukuran sikap, Orientasi seksual dan Happiness yang berkerja sama dengan pihak terkait seperti Dinas Psikologi Angkatan Darat dan beberapa universitas di Indonesia. Selain itu Laboratorium Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki database instrument psikologi yang memuat lebih dari 2000 skala pengukuran beserta manualnya untuk konstruk psikologi seperti: well-being, happiness, resilience Kepemimpinan, Political Skill inventory, dsb yang berguna untuk membantu sivitas akademika psikologi Universitas Padjadjaran dalam melakukan penelitian dan penyelesaian tugas akhir. Database ini hanya dapat oleh sivitas yang telah teregistrasi.

Kepala Laboratorium Psikologi :
Whisnu Yudiana S.Psi., M.Psi., Psikolog (whisnu.yudiana@unpad.ac.id)

Kontak kami dan registrasi :
lab.psikologi@unpad.ac.id
Admin : a.radiansyah@unpad.ac.id

INFORMASI LABORATORIUM PSIKOLOGI
DATABASE INSTRUMEN PSIKOLOGI

D. JURNAL PSIKOLOGI SAINS DAN PROFESI (JPSP)

Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profession) merupakan media publikasi ilmiah bidang psikologi yang menggunakan Online Journal System (OJS), yang terbit pertama kali pada Desember 2017. Jurnal ini merupakan revitalisasi dari Jurnal Psikologi Universitas Padjadjaran yang diterbitkan secara cetak sejak tahun 1986. Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, dan Psikologi Umum & Eksperimen. Saat ini JPSP telah terakreditasi SINTA 3.

Kepala Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (JPSP) :
Yuliana Hanami, Ph.D (y.hanami@unpad.ac.id)

Kontak kami :
jurnal.psp@unpad.ac.id

INFORMASI LEBIH LANJUT

E. STUDIO PEMBELAJARAN BERKELANJUTAN

Kepala Studio :
Hari Setyowibowo, S.Psi., M.Psi., Psikolog (h.setyowibowo@unpad.ac.id)

INFORMASI LEBIH LANJUT
INFORMASI SHORT COURSE : Family during COVID-19