Humas Fapsi – Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran kembali memperingati Dies Natalis ke-61 pada tahun ini. Peringatan Dies Natalis ke-61 ini mengusung tema “Sustainability of Human Well-being : When Psychology Meets Technology”. Rangkaian kegiatan dari Dies Natalis sendiri telah dilaksanakan sejak 9 Mei 2022 dan akan berlangsung hingga bulan November 2022 mendatang sehingga acara Hari Ulang Tahun Fakultas Psikologi merupakan salah satu dari rangkaian kegiatannya.

Acara Hari Ulang Tahun Fakultas Psikologi ke-61 diadakan pada hari Jumat, 2 September 2022. Diadakan secara luring di Ruang Rapat Senat, Fakultas Psikologi, Unpad, Jatinangor, acara ini dihadiri oleh seluruh tendik dan dosen aktif. Adapun tamu-tamu undangan, yaitu pengurus BEM selaku perwakilan mahasiswa dan pengurus atau pengelola PIP (Pusat Inovasi Psikologi) Unpad, yaitu Ibu Ike Marieta, S.Psi., Psikolog beserta staf-staf PIP Unpad.

Acara Hari Ulang Tahun Fakultas Psikologi ini diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D.., Psikolog dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama diberikan oleh Bapak Dr. Yus Nugraha, M.A., Psikolog selaku ketua panitia, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Zahrotur Rusyda Hinduan, MOP., Ph.D., Psikolog selaku dekan Fakultas Psikologi Unpad. Terdapat pula pembagian buku “Mengenang Mar’at Wiradimadja” kepada para dosen, pemberian dari Ibu Mar’at Wiradimadja.

Doa Bersama dipimpin oleh Bapak Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D.., Psikolog [Foto: Humas Fapsi]

Pemberian Buku “Mengenang Mar’at Wiradimadja” [Foto: Humas Fapsi]

Acara Hari Ulang Tahun Fakultas Psikologi ditutup dengan “Acara Suka-Ria Penuh Rasa Syukur”. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada Ibu Dr. Marina Sulastiana, M.Si., Psikolog selaku koordinator acara, kata “sukaria” sendiri muncul karena pada perayaan ini para dosen dan tendik dapat berkumpul kembali setelah sekian lama. Isi dari kegiatan ini adalah makan bersama, silaturahmi, dan juga games.

Sementara kata “penuh rasa syukur” muncul atas banyaknya pencapaian yang telah diraih oleh Fakultas Psikologi Unpad hingga usia yang ke-61 ini. Pencapaian atau perkembangan Fakultas Psikologi Unpad sendiri seperti peningkatan jumlah dan kualitas kerjasama, riset, dan publikasi di tingkat nasional dan internasional. Di sisi penerimaan mahasiswa baru S1, Fakultas Psikologi Unpad tergolong tinggi angka keketatannya dimana jumlah peminat lebih banyak dibandingkan jumlah mahasiswa yang diterima. Di atas hal-hal tersebut, “rasa syukur” ini juga ditujukan pada pencapaian Fakultas Psikologi Unpad sebagai fakultas psikologi pertama yang lahir di Indonesia dan langsung menjadi fakultas yang berdiri sendiri dan tetap menjadi fakultas psikologi yang terkenal.

Sebagai bagian dari “Acara Suka-Ria Penuh Rasa Syukur”, acara Hari Ulang Tahun Fakultas Psikologi ini juga dimeriahkan dengan games berupa lomba, seperti lomba mengemas kue dan lomba mengemas nasi kuning. Walaupun waktu terbatas, kedua lomba ini tetap berlangsung seru dan meriah. Ibu Dr. Marina Sulastiana, M.Si., Psikolog juga menyebutkan bahwa pada acara ini para peserta dapat merasakan keseruan dan kekeluargaan lagi setelah sekian lama para dosen dan tenaga pendidik jarang berkumpul secara lengkap.

Pada usia Fakultas Psikologi yang ke-61 tahun ini, harapannya Fakultas Psikologi tetap menjadi fakultas terdepan di Indonesia. Fakultas Psikologi perlu terus meningkatkan peran dan kebermanfaatannya sehingga mendapat rekognisi di tingkat nasional dan internasional (TSN/RA/NAHP)*.

Sesi Foto Bersama [Foto: Humas Fapsi]