STUDY WITH US!

Informasi Jalur Masuk S1 Psikologi

Pasti sudah pada tahu, kan? Ada tiga (3) jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan terakhir seleksi mandiri yaitu Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).

Apa, sih, bedanya? Untuk tahu lebih lanjut, klik tombol dibawah ini!

Informasi SMUP S2 Profesi Psikologi

Program Studi Magister Psikologi Profesi UNPAD adalah jenjang strata 2 di bidang psikologi yang telah terakreditasi A. Kami memiliki keunggulan dalam asesmen dan intervensi psikologi baik bagi individu, kelompok, komunitas, ataupun organisasi, sehingga menghasilkan lulusan psikolog yang profesional, terampil, dan dapat bekerjasama dengan berbagai bidang ilmu lainnya.

Untuk informasi pendaftaran lebih lengkap klik tombol dibawah ini!

Informasi SMUP S2 Psikologi

Kami mengundang para lulusan S1 dari berbagai bidang ilmu (multi entry) untuk bersama-sama mengembangkan Ilmu Psikologi yang dapat diterapkan pada bidang ilmu lainnya. Kami siap memberikan pemahaman konsep psikologi yang mendasar sekaligus komprehensif untuk pengembangan dan penerapan ilmu psikologi dan ilmu lainnya (mono dan multidisiplin), yang berorientasi pada pendekatan biopsikososial, melalui riset yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif.

Untuk informasi pendaftaran lebih lengkap klik tombol dibawah ini!

Informasi SMUP S3 Psikologi

Program Studi S3 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (terakreditasi A) atau dikenal dengan sebutan Program Studi Doktor Psikologi merupakan program studi doktor yang bersifat Doctor by Research. Berorientasi pada pendekatan biopsikososial, melalui riset yang bersifat eksperimental, kuantitatif, maupun kualitatif, dan pendekatan modeling, kami mengundang para calon Doktor untuk mengembangkan ilmu pengetahuan termutakhir. Kami mendorong para calon doktor untuk menghasilkan banyak luaran artikel ilmiah yang terpublikasi di tingkat nasional maupun internasional dan tetap dapat menyeimbangkan antara pengembangan teori dan aplikasi/praktik di lapangan.

Untuk informasi pendaftaran lebih lengkap klik tombol dibawah ini!

FAQ

Apakah Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran termasuk bidang Saintek atau Soshum?

Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran termasuk pada bidang Saintek.

Apa saja jalur pendaftaran dan bagaimana cara untuk mendaftar ke Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran?

Terdapat tiga (3) jalur untuk bisa mendaftar yaitu SNBP, SNBT, dan seleksi mandiri yaitu Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Untuk setiap jalur telah ada cara pendaftarannya, silakan klik button kuning diatas untuk informasi lebih lanjut ya!

Berapa nilai minimum yang biasanya diterima di Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran?

  • Untuk seleksi melalui jalur SNBP, maka mengacu pada nilai rapor. Data tahun 2019 menunjukkan beberapa nilai pada mata pelajaran berikut: (a) Matematika = 85; (b) Bahasa Indonesia = 85; (c) Biologi = 80; dan (d) Bahasa Inggris = 80.
  • Untuk jalur SNBT maka diseleksi berdasarkan skor UTBK.
  • Untuk jalur SMUP, maka diseleksi berdasarkan: (a) skor UTBK; dan (b) skor SMUP.

Bagaimana tingkat keketatan di Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran?

Data tingkat keketatan masuk ke Program Studi S1 Psikologi berbeda-beda berdasarkan jalur masuknya. Cek data lebih lengkap di laman berikut:

Apakah Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran menerima jalur nonregular atau kelas karyawan?

Tidak, Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran tidak menerima kelas karyawan.

Apakah Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran menerima lulusan dari SMK?

Tidak. Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran hanya menerima lulusan SMA dari jurusan Saintek, sehingga tidak menerima lulusan SMK dan SMA jurusan Soshum.

Berapa kuota yang diterima di Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran?

Daya tampung Prodi Psikologi S1 tahun 2023 adalah sebanyak 210 orang dengan pembagian sebagai berikut:

Jalur SNBP sebanyak 20% dari kuota atau 42 orang, jalur UTBK-SNBT sebanyak 40% atau 84 orang, dan jalur mandiri (SMUP) sebanyak 40% atau 84 orang.

Apakah di Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran ada kelas internasional?

Sampai saat ini belum tersedia. Semoga segera ada, ya!

Bagaimana gambaran pekerjaan lulusan dari Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran?

Secuplik pilihan karir dari bidang profesi yang dilakukan oleh para alumni program studi sarjana Psikologi Unpad adalah menjadi manajer HRD di perusahaan besar, konselor, pengembang alat ukur, startup researcher, trainer, content creator, dan sport psychology. Cari tahu lebih banyak tentang ragam kesempatan dalam berkarir setelah berstudi di Fakultas Psikologi Unpad pada tombol di bawah ini.

Apakah bisa pindah kuliah dari Fakultas Psikologi Universitas lain di Indonesia ke Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran?

Sampai saat ini belum ada program perpindahan dari program studi S1 Psikologi universitas lain ke Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran. Akan tetapi, Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran telah menyelenggarakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), sehingga mahasiswa program studi S1 Psikologi di luar Universitas Padjadjaran dapat mengambil mata kuliah pilihan di Program Studi S1 Psikologi Universitas Padjadjaran atau di program studi S1 lainnya di Universitas Padjadjaran selama ada kerja sama antara Universitas Padjadjaran dengan Universitas terkait.