Ibu Asteria Devy Kumalasari, M.Sc., Ph.D, Psikolog setelah sidang promosi doktor [foto: dokumen pribadi]
Radboud University
Tilburg University

[psikologi.unpad.ac.id, 1/5/2021] Hari Kamis, tanggal 29 April 2021 pukul 17.30 WIB/12.30 CET telah berlangsung secara online sidang promosi doktor Ibu Asteria Devy Kumalasari, M.Sc., Ph.D, Psikolog dengan judul disertasi “Happiness as a norm: Its implication for the pursuit of happiness, person judgment, and decision making”.

Sidang yang merupakan finalisasi dari penelitian doktoral yang telah dilakukan Ibu Asteria di Radboud University ini dihadiri oleh para penguji dari 5 (lima) universitas yaitu Radboud University, Tilburg University, Universiteit Twente, Erasmus University Rotterdam dan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Sidang ini dihadiri pula oleh para promotor dan pelaksanaannya dipimpin langsung oleh Rektor Radboud University. Sidang yang dilaksanakan secara online melalui live streaming website Radboud University ini ditonton pula oleh para civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran sebagai bentuk dukungan pada Ibu Asteria.

Sidang tersebut berlangsung dari pukul 17.30 sampai 19.00 WIB. Ibu Asteria menjelaskan hasil penelitiannya selama 10 menit pertama, dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan 6 orang penguji, yaitu Prof. Dr. Eni Becker (Radboud University), Prof. Dr. Gerben Westerhof (Universiteit Twente), Prof. Dr. Ilja van Bresst (Tilburg University), Prof. Dr. H. Agustiani (Universitas Padjadjaran), Dr. Daniela Beckers (Radboud University), dan Dr. Martijn Burger (Erasmus University Rotterdam) selama 50 menit selanjutnya. Sidang kemudian ditutup dengan penganugerahan gelar Ph.D dan penyampaian kesan pesan oleh promotor Ibu Asteria, yaitu Dr. J.C.T.M. Karremans, dan Prof. Dr. A.J. Dijksterhuis.

Proses sidang online. [foto: dokumen pribadi]

Selamat dan sukses kepada Ibu Asteria. Semoga pencapaian ini semakin meningkatkan kualitas tenaga pendidik Fakultas Psikologi Unpad, menjadi inspirasi serta semangat bagi para tenaga pendidik lainnya untuk melanjutkan studi dan turut mendukung visi Universitas Padjadjaran untuk mencapai Universitas bereputasi internasional.*(SI)