PROGRAM DOKTOR PSIKOLOGI MELALUI JOINT DEGREE DENGAN MAASTRICHT UNIVERSITY

Hari Senin, 8 Februari 2021 lalu menandai satu lagi pencapaian Fakultas Psikologi Unpad dengan dilaksanakannya Seminar Usulan Riset pertama oleh mahasiswa Program Studi Doktor Psikologi melalui Joint Degree. Joint degree merupakan program internasionalisasi berupa kerja sama antara dua universitas yaitu Unpad dan universitas di luar negeri. Kandidat Doktor nantinya akan memperoleh gelar dari kedua universitas tersebut. Pada Program Joint Degree pertama ini, Fakultas Psikologi bekerja dengan Maastricht University, Belanda. Hal ini dilakukan untuk mendorong kerjasama ilmiah dan mempromosikan mobilitas para peneliti.

Kandidat Doktor yang menggelar Seminar Usulan Riset Joint Degree pertama ini adalah Ibu Eka Riyanti Purboningsih, M.Psi., Psikolog. Didampingi promotor Prof. Dr. Hendriati Agustiani, M.Si., Psikolog dan Zahotur R. Hinduan, MOP., Ph.D dari Universitas Padjadjaran dan Co-Promotor Dr. Philippe Verduyn dari Maastricht University, Bu Eka mempresentasikan proposal disertasinya dengan judul “Adolescent Well-Being in Digital Age: The Effect of Social Media Use on Subjective Well-Being of Adolescent Age 12-15 Years Old Mediated by Social Capital, Identity Formation, Social Comparison, and Cyberbullying with Parental Mediation as Moderator”. Seminar ini dihadiri 21 orang.

Seminar yang dipimpin Ibu Zahrotur Rusyda Hinduan, MOP., Ph.D., Psikolog ini berlangsung kurang lebih selama 2.5 jam, yaitu pukul 15.30 – 18.00 WIB. Ibu Eka mempresentasikan proposal penelitiannya selama 20 menit pertama, dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan pembahas, yaitu Dr. Atwar Bajari, Drs., M.Si., Noer Fauzi Rachman, Ph.D., dan Dr. Afra Hafny Noer, M.Sc., Psikolog selama 1.5 jam selanjutnya.

Semoga studi yang ditempuh oleh Ibu Eka bisa berjalan lancar dan program ini bisa berkelanjutan untuk kemajuan Fakultas Psikologi Unpad.