LABORATORIUM PSIKOLOGI

Laboratorium Psikologi merupakan unit kerja yang bertugas untuk memfasilitasi semua kegiatan praktikum mahasiswa, penelitian dan pengembangan alat eksperimental psikologi. Ide awal pembuatan laboratorium psikologi sudah ada sejak Fakultas Psikologi unpad berdiri yaitu tahun 1961 yang dipimpin oleh pendiri Fakultas psikologi. Tujuannya adalah memfasilitasi pembuatan tugas akhir mahasiswa atau lebih dikenal dengan skripsi metodik. Seiring dengan perubahan kurikulum dari waktu ke waktu, Laboratorium Psikologi memfasilitasi kegiatan kuliah lainnya seperti Biopsikologi dalam penyediaan miniatur otak manusia, Praktikum psikodiagnostika dan konseling serta praktikum dengan metode eksperimental dimana pengembangan alat experimen psikofisik dikembangkan.

Untuk menjawab tantangan global, sejak tahun 2018, Laboratorium Psikologi mulai mengembangkan “Computer based experimental assessment” dengan program unggulan pengembangan Implicit Associative Test untuk pengukuran sikap, Orientasi seksual dan Happiness yang berkerja sama dengan pihak terkait seperti Dinas Psikologi Angkatan Darat dan beberapa universitas di Indonesia. Selain itu Laboratorium Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki database instrument psikologi yang memuat lebih dari 2000 skala pengukuran beserta manualnya untuk konstruk psikologi seperti: well-being, happiness, resilience Kepemimpinan, Political Skill inventory, dsb yang berguna untuk membantu sivitas akademika psikologi Universitas Padjadjaran dalam melakukan penelitian dan penyelesaian tugas akhir. Database ini hanya dapat oleh sivitas yang telah teregistrasi.

Fasilitas Laboratorium Psikologi

Laboratorium Psikologi merupakan unit kerja yang memiliki tugas utama untuk memfasilitasi semua kegiatan perkuliahan seperti: Praktikum psikodiagnostika dan konseling, praktikum metode eksperimental dan pengambilan data penelitian psikologi. Untuk menunjang kegiatan-kegiatan tersebut beberapa sarana dan prasarana dimiliki oleh Laboratorium Psikologi yang bertempat di lantai 2 dan 3 Gedung Mar’at.

Fasilitas Perkuliahan

Fasilitas yang dimiliki oleh laboratorium terdiri dari :
• 40 ruang praktikum individual yang dilengkapi dengan one-way mirror dan CCTV
• 5 ruang observasi dengan one-way mirror
• 5 Komputer untuk pengambilan data Computer Based Experiment
• 1 ruang display alat praktikum
• 1 ruang administrasi
• 1 ruang pantau CCTV
• 1 bengkel kerja

Fasilitas Praktikum Psikodiagnostika dan Konseling

Demi menunjang praktikum Psikogiagnostika dan konseling, berbagai macam tes yang terstandard di miliki oleh Fakultas Psikologi Universitas padjadjaran seperti: :

Fasilitas Praktikum Metode Eksperimental

Untuk memfasilitasi proses pembelajaran dalam peningkatan keterampilan profesional mahasiswa, laboratorium Psikologi memiliki alat-alat praktikum eksperimental untuk pengukuran penelitian psikofisik di antaranya :

Fasilitas Database Instumen Psikologi

Database Instrumen psikologi ini memuat lebih dari 2000 instumen psikologi dalam bentuk kuesioner dan panduan wawancara yang merupakan instrumen yang dibuat dari tugas akhir mahasiswa. Semua instrument dilengkapi dengan manual yang berisikan Definisi konseptual, teori, reliabilitas dan bukti validitas alat ukur. Instrumen ini dapat diakses secara tertutup untuk sivitas akademika dengan registrasi terlebih dahulu melalui email a.radiansyah@unpad.ac.id dan lab.psikologi@unpad.ac.id
Selain dapat melihat instrument instrument yang dapat digunakan untuk penelitian, web Database Instrumen ini juga dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan pengajuan surat bebas laboratorium dengan mengikuti panduan berikut ini : Surat Pengantar Bebas Lab
Database Instrumen Psikologi