Humas Fapsi – International Internship Program adalah program magang yang disediakan oleh Fakultas Psikologi Unpad melalui Unit Internasionalisasi Fapsi Unpad untuk mahasiswa internasional yang tertarik dalam bidang psikologi, khususnya pengaplikasian dalam pengembangan program psikologi dan penelitian.

Terdapat 2 jenis program yang ditawarkan pada International Internship Program. Pertama, Developing Psychological Program yang dapat dilakukan di Unpad Counseling Center dan Center of Psychological Innovation. Program ini memfasilitasi pesertanya mempelajari pembuatan program prevensi dan melakukan studi yang berhubungan dengan kesehatan mental serta melakukan rangkaian asesmen, diagnostik, dan intervensi untuk menangani masalah kesehatan mental. Program kedua adalah Research Project Internship Program, yaitu kegiatan di mana peserta akan terlibat dalam penelitian di bawah pengawasan dari peneliti. Kedua program tersebut berlangsung selama 6 – 8 minggu.

Pada Selasa, 29 Juni 2021 lalu, telah dilakukan kick-off untuk Developing Psychological Program di Center of Psychological Innovation. Kickoff, yang merupakan hari pertama memulai kegiatan internship pada program pilihan, diadakan secara virtual melalui Zoom meeting. Fakultas Psikologi bekerja sama dengan Center of Psychological Innovation atau Pusat Inovasi Psikologi (PIP) untuk mewadahi program pengembangan ilmu psikologi ini.

Kick-off Developing Psychological Program [foto; dokumen pibadi]

Program ini diikuti oleh mahasiswa internasional salah satunya adalah mahasiswa yang berasal dari Deakin University, Australia yaitu Kate Ellis. Ia mengikuti Developing Psychological Program di Center of Psychological Innovation untuk membuat Intervensi mengenai Dating Violence dalam bentuk psychological education design seperti seminar, artikel, modul, dan video. Dalam program yang berlangsung selama 8 minggu ini, Ia akan ditemani oleh perwakilan dari Unit Internasionalisasi Fapsi Unpad serta PIP Unpad.*(HTM)