[ INTERNATIONAL COLLABORATION ]

Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran terus berinovasi dalam menghadirkan pengalaman belajar terbaik bagi para mahasiswanya. Kali ini, Fapsi Unpad berkesempatan berkolaborasi dengan beberapa universitas di luar negeri untuk menyediakan mata kuliah menarik dengan pengalaman bekerja sama lintas negara.

Bersama dengan Maastricht University, Belanda, Fapsi Unpad mengadakan Project Virtual Mobility dalam mata kuliah Psikologi Kognitif pada mahasiswa semester 3 di Program Studi Psikologi – S1. Project tersebut memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kolaborasi dalam pembuatan proposal riset dengan tema besar “Perbedaan Aspek Kognitif” dari negara Indonesia dan Belanda dalam fenomena-fenomena tertentu. Selain itu, kolaborasi dengan Maastricht University ini juga dilakukan pada Program Studi Psikologi – S3 (Doktor Psikologi) yaitu Program Joint Doctoral Degree. Kandidat doktor yang mengikuti program ini akan memiliki gelar yang diakui oleh 2 (dua) universitas. Kandidat Doktor pertama dari Fapsi Unpad adalah Eka Riyanti Purboningsih, M.Psi., Psikolog. Didampingi promotor Prof. Dr. Hendriati Agustiani, M.Si., Psikolog dan Zahotur R. Hinduan, MOP., Ph.D dari Universitas Padjadjaran dan Co-Promotor Dr. Philippe Verduyn dari Maastricht University.

Fapsi Unpad pun berkesempatan untuk bergabung dalam Joint Course : Pain Perception & Treatment, perkuliahan yang diselenggarakan oleh Radboud University Nijmegen (RUN), Belanda. Perkuliahan ini dihadiri oleh mahasiswa internal RUN dan external student dari Indonesia (UNPAD dan UI). Mahasiswa Fapsi Unpad yang tergabung dalam kegiatan ini berasal dari Program Studi Psikologi – S1 (5 mahasiswa) dan Program Studi Magister Psikologi Profesi (8 mahasiswa), yang telah berhasil lolos seleksi kemampuan bahasa Inggris dan motivasi (motivation letter). Tidak sebatas itu, kolaborasi juga dilakukan pada jajaran staf pengajar. Pengajar pada mata kuliah ini adalah para ahli dari beragam profesi dan beragam Universitas di Belanda dan salah seorang dosen dari Fapsi Unpad terlibat menjadi pengajar, yaitu Psikolog Medis, Aulia Iskandarsyah, M. Psi, M.Sc, Ph.D. Selain itu, 3 (tiga) dosen Fapsi Unpad juga terlibat menjadi Co-teacher, yaitu Dr. Fitri Ariyanti Abidin (koordinator kegiatan), M. Psi., Psikolog, Airin Triwahyuni, M. Psi., Psikolog dan Dhini Andriani, M. Psi., Psikolog.

Kolaborasi internasional lainnya berhasil dijalin Fapsi Unpad dengan Vrije University Amsterdam. Fapsi Unpad menyelenggarakan mata kuliah minoring “Mental Status Examination” pada majoring Psikologi Klinis Dewasa, Program Studi Magister Psikologi Profesi. Tim pengajar pada mata kuliah minoring ini melibatkan Joeri Tijdink, MD, Ph.D, yang merupakan psikiater dari Vrije University Amsterdam/Amsterdam UMC, Belanda dan tim pengajar dari Fapsi Unpad adalah Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M. Psi., Psikolog (koordinator mata kuliah), Dr. Ahmad Gimmy Prathama, M. Si., Psikolog, Dr. Kustimah, M. Psi., Psikolog, dan Airin Triwahyuni, M. Psi., Psikolog. Program ini sangat diminati dan diikuti oleh 52 mahasiswa, yang tidak hanya berasal dari majoring Psikologi Klinis Dewasa, namun juga beberapa majoring lain di angkatan 2019 & 2020.

Tidak berhenti di sini, Fapsi Unpad juga akan terus mengembangkan berbagai program kolaborasi internasional untuk menyediakan pengalaman belajar yang unik dan menantang bagi para mahasiswa Fapsi Unpad, serta ikut serta mewujudkan visi dan misi Unpad dalam Renstra 2020-2024 “Mencapai Universitas Bereputasi Dunia dan Berdampak pada Masyarakat”.