JALUR SMUP MAGISTER PSIKOLOGI

Kami mengundang para lulusan S1 dari berbagai bidang ilmu (multi entry) untuk bersama-sama mengembangkan Ilmu Psikologi yang dapat diterapkan pada bidang ilmu lainnya. Kami siap memberikan pemahaman konsep psikologi yang mendasar sekaligus komprehensif untuk pengembangan dan penerapan ilmu psikologi dan ilmu lainnya (Mono dan Multidisiplin), yang berorientasi pada pendekatan psikososial, melalui riset yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  2. Lulusan program sarjana yang terakreditasi oleh BAN PT/LAM-PTKes minimal B.
  3. Memiliki Tes Kemampuan Akademik (TKA) minimum 450 (empat ratus lima puluh) yang dibuktikan dengan sertifikat hasil tes yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara tes yang diakui Unpad dan masih berlaku maksimum 2 (dua) tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat.
  4. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan standar nilai sebagai berikut:
    • TOEFL International (Paper-Based Test) paling sedikit 450; atau
    • TOEFL International (Internet-Based Test) paling sedikit 45; atau
    • TOEFL International (Computer-Based Test) paling sedikit 133; atau
    • International English Language Testing System (IELTS) Academic paling sedikit 4,5; atau
    • Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) paling sedikit 450 yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara tes yang diakui Unpad yang dibuktikan dengan sertifikat hasil tes yang masih berlaku maksimum 2 (dua) tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat;
  5. Syarat TKA dan TKBI seperti yang dimaksud pada poin 3 dan poin 4, tidak diperlukan bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki publikasi ilmiah sebagai penulis pertama yang telah terbit pada jurnal internasional bereputasi Q3.
  6. Melampirkan Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose).
  7. Semua berkas dilampirkan atau diupload di laman SMUP ketika melakukan pendaftaran.

Persyaratan Khusus

Regular Berbasis Perkuliahan

  1. Lulusan S1 dari berbagai disiplin ilmu.
  2. IPK S1 minimal 3,00.
  3. Membuat proposal riset yang sesuai dengan peminatan yang dipilih (bukan proposal sewaktu skripsi).
  4. Curriculum Vitae (disertai dengan pengalaman riset selain skripsi dan publikasi ilmiah baik proceeding maupun jurnal), dengan format CV dari Program Studi Magister Psikologi.
  5. Mendapatkan 2 (dua) surat rekomendasi dari atasan di tempat kerja, dosen (dosen wali/dosen pembimbing skripsi/dosen mata kuliah) dan/atau keduanya. Informasi lengkap kunjungi: https://psikologi.unpad.ac.id/informasi-smup-s2-sains/.

Regular Berbasis Riset

  1. Lulusan Fakultas Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi).
  2. IPK S1 minimal 3,00.
  3. Telah atau sedang bekerja minimal 2 tahun dalam bidang psikologi atau untuk fresh graduate sudah mempunyai publikasi pada jurnal nasional terakreditasi minimal SINTA 3 sebagai penulis pertama.
  4. Membuat proposal riset yang sesuai dengan peminatan yang dipilih (bukan proposal sewaktu skripsi).
  5. Curriculum Vitae (disertai dengan pengalaman riset selain skripsi dan publikasi ilmiah baik proceeding maupun jurnal), dengan format CV dan Prodi Magister Psikologi.
  6. Mendapatkan 2 (dua) surat rekomendasi dari atasan di tempat kerja, dosen (dosen wali/dosen pembimbing skripsi/dosen mata kuliah) dan/atau keduanya. Informasi lengkap kunjungi: https://psikologi.unpad.ac.id/informasi-smup-s2-sains/.

Persyaratan Kelulusan

Regular Berbasis Perkuliahan

Menyerahkan surat keterangan bukti artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional bereputasi minimal terindeks SINTA 3 atau prosiding pada seminar internasional atau karya yang dipamerkan, yang dihasilkan selama mengikuti kuliah Pendidikan Magister.

Regular Berbasis Riset

Syarat kelulusan Magister berbasis riset: Menyerahkan surat keterangan bukti minimal 1 artikel ilmiah yang accepted untuk dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi minimal Q3 (tidak discontinued pada saat paper accepted) sebagai penulis pertama yang ditulis selama mengikuti kuliah Pendidikan Magister berbasis riset dan terkait dengan tesis atau merupakan bagian dari riset tesis. Apabila jurnal discontinued setelah terbit, maka lulusan diminta membuat 1 artikel lagi bersama tim Pembimbing.

Seluruh persyaratan khusus dikirimkan oleh calon peserta (kecuali surat rekomendasi) ke email kaprodi.psikologi.sains@unpad.ac.id dengan subject Sains_Nama Lengkap Peserta sampai dengan 8 Juni 2023 Pukul 23.59 WIB.