Humas Fapsi – Pandemi Covid-19 yang belum kunjung membaik di Indonesia di tahun ini ternyata tidak menjadi halangan bagi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran untuk melanjutkan kerja sama internasional dengan mahasiswa mancanegara. Setelah sebelumnya diadakan di bulan Juni, kick off international internship program kembali digelar pada Senin, 2 Agustus 2021 kemarin. Sesi ini menjadi kesempatan untuk para mahasiswa bertemu secara virtual dan berkenalan satu sama lain sekaligus mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program internship yang diikuti.

International Internship Program 2nd Kick Off (sumber: dokumen pribadi)

Ada tiga working group yang tersedia bagi 6 mahasiswa internasional yang datang dari RMIT dan mahasiswa Universitas Padjadjaran. Pertama, Emilio Gracia dan Susanna Tiver akan bekerjasama dengan 3 mahasiswa Unpad di grup PKUP yang membahas kesejahteraan psikologis mahasiswa di masa pandemi. Kedua, Yasoja Liyanaarachchige dan Zoe Butzkueven serta 4 mahasiswa Fapsi Unpad akan berkolaborasi dalam grup PIP dan Dinas Sosial untuk mengulik isu homesick pada klien disabilitas di UPTD PRSPD Mensenetruwitu Jabar. Terakhir, Arimel Patrece dan Nithya Patimedi akan terlibat dengan 3 mahasiswa Fapsi Unpad di JaRI (Jaringan Relawan Indonesia) yang fokus pada masalah kekerasan dalam hubungan pernikahan. Kerja sama selama 6 minggu ini diharapkan menghasilkan prototipe materi psikoedukasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tadi.

Semoga ke depannya Fapsi Unpad dapat terus menjalin kerjasama internasional dengan mahasiswa dari berbagai negara untuk menyediakan pengalaman belajar yang berharga bagi kedua belah pihak. -SIR