Humas Fapsi – Selasa, 29 Juni 2021 lalu, Fakultas Psikologi Unpad memfasilitasi EuroQol Asia Academy Meeting kedua yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari, yaitu Selasa-Rabu, 29-30 Juni 2021, pukul 13.00-16.00 WIB.

Dokumentasi Kegiatan The 2nd EuroQol Academy Meeting yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran melalui Zoom Meeting, Juni lalu

EuroQol Group adalah perkumpulan peneliti dari berbagai negara di seluruh dunia yang berfokus pada pengembangan pengukuran kualitas hidup terkait kesehatan (EQ-5D). Didirikan sejak 1987, sampai hari ini organisasi tersebut terus mengembangkan instrumen EQ-5D agar penggunaannya dapat diterapkan pada berbagai populasi serta alat ukurnya sendiri semakin valid dan reliabel.

Menjadi sebuah kebanggaan Fakultas Psikologi Unpad bahwa salah satu dosennya, yaitu Pak Fredrick Dermawan Purba, M.Psi., Ph.D., Psikolog, atau biasa disapa Bang Jeki, dapat menjadi anggotanya. Tidak hanya itu, Bang Jeki beserta koleganya, Zhihao Yang (Guiyang Medical University China), juga menginisiasi pertemuan EuroQol Asia serta menjadi scientific chair dalam pertemuan tersebut. Pertemuan ini secara khusus mengundang peneliti dari Asia maupun peneliti yang penelitiannya dapat bermanfaat bagi kawasan Asia. Inisiasi ini muncul dari minimnya representasi wakil Asia di EuroQol Group, padahal terdapat peningkatan penggunaan EQ-5D dan pengembangannya di Asia. Dengan pertemuan yang digagas oleh Bang Jeki dan koleganya Zhihao Yang, peneliti Asia berkesempatan memaparkan dan mendiskusikan hasil penelitian terkait pengembangan alat ukur EQ-5D di Asia.

Juli 2019 lalu, Bang Jeki dan koleganya telah sukses menyelenggarakan pertemuan pertama EuroQol Asia di Guangzhou, China. Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 dan terus berlanjut sampai sekarang tidak menghalangi mereka untuk tetap menyelenggarakan pertemuan secara daring. Terbukti, pertemuan tersebut sukses menghadirkan kurang lebih 70 peneliti dari China, Denmark, Mesir, Hongkong, Malaysia, Pakistan, Korea, Singapura, Swedia, Taiwan, Indonesia, serta Belanda, Inggris, dan Amerika. Unpad sendiri mengirimkan dua orang staf pengajarnya, Dhini Andriani, M.Psi., Psikolog, Hari Setyowibowo, M.Psi., Psikolog, serta seorang mahasiswa program studi Magister Psikologi Profesi: Putu Gesha Pradnyan Rarasati Mudita, serta Bang Jeki sendiri. Melihat banyaknya kerja sama dan rencana penelitian selanjutnya yang terbangun dari pertemuan ini, maka pertemuan ketiga EuroQol Asia direncanakan untuk diadakan kembali pada Juni 2022 secara luring di Bali, Indonesia. -SIR