[ Ayo Kenal Unpad Jalur SNMPTN 2020 ]

Setiap tahunnya, Universitas Padjadjaran rutin melaksanakan sosialisasi mengenai jalur masuk di berbagai fakultasnya, termasuk Fakultas Psikologi Unpad. Adanya pandemi membuat acara perlu disesuaikan menjadi live streaming YouTube. Meski begitu, antusiasme dari peminat Fakultas Psikologi Unpad tetap tinggi, terbukti dari banyaknya pertanyaan dan komentar di kolom komentar YouTube Channel Unpad.

Acara dipandu oleh Zinedine Doohan, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, dengan Ibu Dr. Kustimah, M.Psi., Psikolog sebagai Kepala Program Studi S1 dan Renee Rizqy Ash Shiddiqi yang menjadi narasumber acara sosialisasi jalur SNMPTN di Fakultas Psikologi Unpad ini. Ibu Kustimah, yang lebih akrab disapa Mba Kus, memulai kegiatan dengan menjelaskan salah satu keunikan Fakultas Psikologi, yaitu sapaan khas para dosennya adalah mas, mba, kang, ceu, dan panggilan kasual lainnya. Mba Kus lanjut menjelaskan mengenai tujuan, keunggulan, pilihan program studi, prospek kerja, dan fasilitas yang dimiliki Fakultas Psikologi Unpad.

Fakultas Psikologi Unpad, yang menjadi satu dari sedikit program studi Psikologi di PTN Indonesia yang menerima siswa dari jalur IPA, ternyata dari tahun ke tahun konsisten memiliki banyak peminat. Terbukti, sejak tahun 2016, angka keketatan selalu berkisar 1:30-an dan selalu meningkat seiring waktu di berbagai jalur, baik SNMPTN, SBMPTN, dan SMUP. Data tahun 2020 lalu menunjukan keketatan jalur SNMPTN adalah 1:46 dengan 2.296 peminat dan hanya 50 kursi tersedia.

Tingginya antusiasme siswa terhadap Fakultas Psikologi Unpad bukan tanpa alasan. Selain segudang fasilitas optimal yang bisa disediakan, banyak kesempatan mengembangkan diri yang disusun oleh organisasi kemahasiswaan di Fakultas Psikologi Unpad yang mengacu pada Stulife. Stulife memiliki empat komponen utama untuk kesuksesan seseorang : academic, career, personal, dan social skill.

Renee Rizky atau akrab disapa Renee sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2020 yang masuk melalui jalur SNMPTN berbagi tips dan strategi yang ia gunakan. Pertama, Renee menentukan tujuan sesuai minat dan bakatnya. Setelah itu, ia menentukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut dan mewujudkannya. Renee juga berpesan untuk jangan ragu dan malas mencari informasi jika tidak tahu. F9asilitas dari sekolah, seperti kehadiran guru BK yang memiliki banyak informasi seputar perguruan tinggi, bisa dimanfaatkan dengan optimal kalau kita bisa menjalin hubungan baik dengannya. Ia juga mengatakan perlunya mengetahui posisi dan pilihan teman-teman satu sekolah agar bisa disesuaikan dengan pilihan kita. Terakhir, maksimalkan kolom penilaian prestasi sebagai salah satu komponen penilaian SNMPTN.

Banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para siswa yang mengikuti live streaming ini menjadi bukti lain banyaknya peminat pada Fakultas Psikologi Unpad melalui jalur SNMPTN. Mba Kus pun memberikan motivasi kepada para siswa agar tidak ragu untuk menjadi bagian dari Fakultas Psikologi karena nantinya semua akan belajar bersama dan saling membantu di fakultas ini. Hal tersebut pun disetujui oleh Renee, walaupun ia baru satu semester berada di Fakultas Psikologi ia merasa bahwa budaya suportif dan apresiatif tampak begitu nyata di lingkungan fakultas. Tidak hanya pada angkatannya, tetapi juga antar angkatan, bahkan dengan para dosen dan tenaga didik lainnya.

Fakultas Psikologi Unpad memiliki banyak ahli di bidang psikodiagnostik baik dari asesmen maupun intervensi. Fapsi Unpad juga akan terus beradaptasi mengikuti  perkembangan ilmu Psikologi. Maka, Mba Kus berpesan kepada para siswa yang ingin masuk psikologi agar jangan takut jika nantinya psikolog akan tergantikan karena psikologi akan tetap dibutuhkan di banyak aspek kehidupan.

Menutup sesi Live streaming bersama Fakultas Psikologi, Mba Kus memberikan closing statement yang mengajak siswa-siswi SMA yang ingin masuk psikologi jalur SNMPTN jangan ragu untuk bergabung menjadi bagian dari Fakultas Psikologi Unpad.