Workshop Solution Focused Brief Therapy

Tuntutan peran psikolog sebagai profesi yang turut mengembangkan optimalisasi individu di masyarakat saat ini semakin berkembang. Berbagai pendekatan dalam terapi yang dikuasai oleh psikolog juga perlu ditingkatkan. Sebagai kepedulian terhadap hal ini maka Pusat Psikologi Universitas Padjadjaran telah mengadakan Workshop Solution Focused Brief Therapy (SFBT) pada 27-29 Agustus 2018 yang lalu sebagai rangkaian kegiatan pertama dari Dies ke 57  Fakultas Psikologi Universitas Padjadajaran. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Rino Group, Utrecht, Netherlands yang menghadirkan pemateri workshop yaitu  Dr. Frederike Bannink, MDR.

Pada workshop ini, peserta diajak untuk memperbaharui pengetahuannya mengenai pendekatan SFBT yang berakar dari Psikologi Positif. Materi yang ditekankan dalam workshop ini diantaranya adalah meyakini bahwa klien mampu untuk menyelesaikan problematikanya sehingga peran psikolog adalah memunculkan hope, resilience, optimism dan self efficacy pada diri klien. Hal ini dilakukan melalui sesi-sesi terapi yang relatif lebih singkat daripada terapi dengan pendekatan problem focused. Sesi-sesi terapi ditujukan dapat memunculkan emosi positif, mendorong klien untuk aware terhadap potensi dan hal-hal baik yang ia miliki dalam kehidupan, serta mengundangnya untuk berpikir mengenai solusi-solusi yang sesuai bagi dirinya.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari profesional psikologi, psikiater serta tenaga pendidik di universitas. Frederike menyampaikan materi dengan suasana yang positif, mendorong munculnya ide juga keaktifan peserta serta sikap yang sangat apresiatif. Peserta mengaku puas dengan kegiatan ini. Mereka optimis bahwa pendekatan ini dapat diaplikasikan dalam keprofesiannya sebagai salah satu alternatif yang membawa angin segar bagi penanganan klien yang lebih efektif. (RAS)

2018-09-16T10:27:47+00:00 September 16th, 2018|