TIM DEBAT FAPSI RAIH JUARA DI PSYCHOFEST UNAIR

Pada 7-9 November 2018 lalu, acara Psychofest digelar oleh Universitas Airlangga di Surabaya. Salah satu rangkaian kegiaan pada acara ini adalah lomba debat. Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran turut berpartisipasi dengan mengirimkan satu tim debatnya untuk mengikuti perlombaan debat tersebut. Tim debat ini beranggotakan Ocha Ananda Suherik (2015), Sarah Aurelia Saragih (2016), dan juga Rahmatan Delwi Alif (2016). Tim debat Fapsi Unpad berhasil meraih juara 2 pada perlombaan kali ini.

Alif menceritakan bahwa persiapannya dimulai dari pendaftaran pada salah satu kelompok kegiatan fapsi unpad yang bergerak pada bidang akademik, yaitu scientific gateaway.  Dimulai dari pendaftaran hingga seleksi berupa simulasi debat. Seleksi ini dilakukan karena kuota terbatas untuk mengikuti lomba.

Debatnya itu topiknya beragam, tapi semua pasti ada aspek psikologinya karena memang lomba debat psikologi. Kebanyakan tentang mental health. Tema dari perlombaannya ialah “dignity in mental health“. Ada pressure juga karena kompetitor kita dari universitas yang hebat-hebat”, tutur Alif. Menurut tim ini, lomba yang diikuti terbilang seru karena seluruh peserta sangat kompetitif berusaha menampilkan yang terbaik.

Salah satu strategi yang digunakan oleh Alif, Sarah dan Ocha dalam debat ini adalah berpikir lebih kritis, fleksibel dan juga menguatkan ke kemampuan public speaking sehingga dapat mengantarkan mereka lolos sampai ke final dan menjadi juara.

Terimakasih ada usaha dan kerja kerasnya. You’re doing a good job! (PF)

2018-12-13T15:15:58+00:00 Desember 5th, 2018|