Tepang Sono Alumni Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

Pada hari Jumat tanggal 7 September lalu, Ikatan Alumni Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran mengadakan acara Tepang Sono Alumni Fakultas Psikologi Unpad yang bertempat di Hotel Ibis Styles, Bandung. Acara ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Psikologi yang ke-57. Sesuai dengan nama Tepang Sono yang dalam bahasa Sunda memiliki arti “temu kangen,” para alumni Fakultas Psikologi Unpad pun saling melepas rindu, bertemu dengan kawan lama dan teman seperjuangan, serta bertemu kembali dengan dosen-dosen yang dihormati dalam acara ini.

Acara dimulai oleh sambutan dari Ibu Prof. Dr. Hj. Hendriati Agustiani, M.Si, Psi selaku Dekan Fakultas Psikologi Unpad, dilanjutkan oleh talkshow yang dibawakan oleh Ibu Hendriati bersama Brigjen TNI Dr. Arief Budiarto, DESS. Pak Arief mengusung tema cyber effect, dan Ibu Hendriati Agustiani membawakan tema Digital Parenting.

Talkshow ini juga menghadirkan seorang mystery guest, yaitu Bapak Nadjib Riphat Koesoema, alumni Fakultas Psikologi Unpad yang juga mantan duta besar Indonesia untuk Australia. Beliau menceritakan pengalamannya sebagai diplomat, dan bagaimana bekal ilmu psikologi yang dimiliki dapat membantunya melihat setiap permasalahan secara lebih kaya dan mendalam dibanding dengan sebagian besar kolega. Ilmu psikologi membuat beliau mampu memaknai interaksi melalui pendalaman terhadap pribadi dan karakter para tokoh yang bermain di balik suatu peristiwa diplomatik.

Setelah sesi talkshow berlalu, dilakukan sesi Tribute to Lombok yang dibawakan oleh Dandy Birdy, S.Psi dan Yuli Sulistiwidiawati, M. Psi. Mereka menceritakan pengalaman menangani para relawan yang bertugas di Lombok, tentang bagaimana para relawan tersebut juga ikut mengalami trauma hingga harus dilakukan pertolongan psikologis. Kemudian, acara pun diakhiri dengan lelang lukisan karya Prof. Dr. Samsunuwiyati Mar’at, Psi dan Dr. Poeti Joefiani, M.Si. Seluruh hasil yang didapatkan dari lelang ini akan disumbangkan untuk Lombok yang tengah dilanda musibah gempa.

Semoga acara ini dapat terus meningkatkan silaturahmi antar ikatan alumni dengan Fakultas Psikologi Unpad! (YA)

2018-09-16T11:48:20+00:00 September 16th, 2018|