Psikologi Peduli ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)

Gerbang Lama (Gerlam) Unpad merupakan area yang sering dilewati mahasiswa Unpad baik saat berangkat maupun pulang dari kampus. Seperti kita ketahui, kurang lebih 3 bulan ini seringkali terlihat wanita yang mengalami gangguan jiwa sedang duduk di area gerlam tanpa menggunakan busana.

Dikarenakan adanya stigma negatif terkait ODGJ, banyak mahasiswa/i yang merasa takut untuk melewati atau bertemu dengan ODGJ di gerlam.

ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) merupakan orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang bermanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan atau perubahan perilaku yang bermakna serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia. Salah satu jenis gangguan jiwa adalah gangguan jiwa psikotik, dimana individu kesulitan untuk membedakan realita dengan halusinasi. Meskipun demikian, individu yang mengalami gangguan psikotik sangat bisa dipulihkan dengan pengobatan yang baik dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Pada hari Selasa (22/05) Pukul 19.00-21.30
Departemen Kajian Strategis BEM Kema Fapsi Unpad bekerja sama dengan KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia) simpul Bandung berusaha untuk menolong ODGJ tersebut agar dapat dipulihkan kembali. Malam itu Nn. N. (ODGJ) sudah dapat menceritakan tentang dirinya dan dari mana ia berasal.

Pada hari Rabu kemarin (23/05) Pukul 20.00 Alhamdulillah kami telah berhasil membawa Nn. N ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat untuk diberi treatment yang ia butuhkan dan tepat pada pukul 01.00 dini hari Nn. N. sudah memasuki ruang rawat inap di RSJ PROVINSI JAWA BARAT di Cisarua.

Beliau yang awalnya berkeliaran tanpa menggunakan busana kini sudah mau menggunakan busana dan sudah dapat diajak berkomunikasi. Yang perlu teman-teman ketahui adalah, ODGJ ini bisa pulih dan menjelankan fungsi hidupnya dengan baik asal mereka mendapatkan akses ke fasilitas pelayanan kesehatan jiwa atau tenaga profesional kesehatan jiwa (psikolog klinis, psikiater, pekerja sosial, perawat jiwa, dsb.)

Yuk hilangkan stigma negatif terkait ODGJ dan bantu ODGJ terlantar untuk memiliki kehidupan yang layak.

N.B. Departemen Kajian Strategis BEM Kema Fapsi Unpad mengucapkan terima kasih pada teman-teman KPSI dan teman-teman lainnya yang ikut membantu mengantarkan ODGJ ke RSJ Provinsi Jawa Barat di Cisarua. 

Departemen Kajian Strategis
BEM Kema Fapsi Unpad 2018
Kepengurusan Kolase
#KolaborasiKreasi

2018-06-01T12:26:45+00:00 May 24th, 2018|