[psikologi.unpad.ac.id. 19/072020] Pada hari Jumat, 17 Juli 2020, Universitas Padjadjaran telah resmi meluncurkan Pusat Konseling Universitas Padjadjaran (PKUP). PKUP merupakan unit layanan konseling dari UNPAD yang dikelola oleh Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. PKUP diperuntukkan bagi seluruh civitas akademi UNPAD, baik mahasiswa, dosen, ataupun tenaga kependidikan yang membutuhkan layanan konseling/konsultasi psikologis. 

PKUP diluncurkan melalui siaran live pada channel youtube streaming.unpad. Acara diawali dengan paparan laporan Dekan Fakultas Psikologi UNPAD, Prof. Dr. Hendriati Agustiani, M.Si, yang mencakup Fungsi dan Layanan PKUP, Kegiatan-kegiatan kelas kecil (workshop), kegiatan preventif, dan Layanan konsultasi online dan offline, serta Jenis-jenis permasalahan yang sudah pernah ditangani oleh PKUP. Peluncuran secara resmi dilakukan oleh Rektor UNPAD, Prof . Dr. Rina Insiastuti, S.E., MSIE. Rektor berpesan bahwa kita harus ‘silih asah, silih asuh, silih asih’, sehingga dengan adanya PKUP ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa UNPAD dengan gaya yang kekinian sesuai dengan usia mahasiswa, sehingga mahasiswa dan seluruh civitas akademi UNPAD dapat sejahtera. 

 

 

Acara berikutnya, merupakan laporan dari Esti Wungu, S.Psi, M.Ed., Psikolog, sebagai perwakilan dari PKUP mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah berlangsung selama ini. Bagi mahasiswa, PKUP diharapkan dapat menjadi tempat untuk membantu dan mengembangkan mahasiswa dalam hidup dan prooses belajar. Kegiatan layanan yang bisa diberikan oleh PKUP adalah kegiatan konsultasi, konseling, dan program preventif.

 

 

Layanan konsultasi dan konseling yang diberikan antara lain bimbingan karir, kesulitan belajar, penyesuaian diri, pertemanan dan interaksi sosial, pekerjaan dan organisasi, dan permasalahan psikologis lainnya. Berpegang pada tagline “We rise by lifting others”, PKUP siap untuk melayani seluruh civitas akademi UNPAD. *