Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Berita Umum » Hari Ini, Mahasiswa Baru S-1 Mulai Laksanakan Registrasi Administrasi

[Unpad.ac.id, 19/07/2012] Sejak pagi, calon mahasiswa baru terlihat mulai memenuhi gedung Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor dalam rangka registrasi administratif mahasiswa baru Jalur SNMPTN Ujian Tulis dan SMUP Tahun Akademik 2012/2013. Registrasi administrasi tersebut dijadwalkan akan berlangsung hingga 26 Juli mendatang.

Proses pemotretan untuk Kartu Tanda Mahasiswa sebagai salah satu langkah dalam registrasi administrasi di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, Kamis 19 Juli 2012 (Foto oleh: Dadan T.) *

Kepala Subbagian Registrasi Biro Administrasi Akademik Unpad, Agus Muchtarom, mengatakan proses registrasi akan dimulai pada pukul08.30 hingga 15.30 WIB. Setiap harinya, proses registrasi akan dibagi ke dalam 10 sesi yang masing-masing sesi akan berlangsung selama 30 menit. Setiap sesi akan diisi oleh 100 orang.

Agus pun menambahkan, proses registrasi kali ini pun tidak didasarkan pada masing-masing fakultas. Namun, ditentukan pada siapa yang lebih dahulu mengisi biodata secara online dihttp://pengumuman.unpad.ac.id/. “Jadi ditentukan pada siapa yang melakukan registrasi online yakni mengisi biodata paling dahulu, maka ia akan dapat jadwal lebih cepat. Jadi sifatnya simultan,” jelas Agus.

Proses registrasi administrasi itu sendiri meliputi verifikasi data, pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) serta pengambilan kelengkapan untuk mengikuti Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Selain itu, disediakan help desk yang ditempatkan berdekatan dengan stand bank bagi calon mahasiswa baru Program Bidik Misi serta calon mahasiswa yang bermasalah pada saat pembayaran di bank.

Untuk mempermudah proses registrasi dan pemotretan, Agus mengingatkan para calon mahasiswa baru agar membawa persyaratan yang diperlukan, seperti:

  1. Bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank;
  2. Kartu peserta ujian;
  3. Ijazah asli dari SMA atau yang sederajat dan 1 lembar fotokopinya yang telah dilegalisir;
  4. Bukti kelulusan Ujian Nasional dan fotokopinya yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar;
  5. Fotokopi Akta Kelahiran 1 lembar;
  6. Surat Pernyataan kesediaan mengikuti peraturan di Unpad ditandatangani di atas materai Rp6.000;
  7. Surat Keterangan Sehat;
  8. Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran, MIPA, Pertanian, Kedokteran Gigi, Peternakan, Psikologi, Keperawatan, Teknologi Industri Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Farmasi, dan Teknik Geologi;
  9. Surat Izin Belajar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bagi WNA;
  10. Formulir Hasil Pengisian Biodata Online;
  11. Formulir Kesanggupan Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp6.000;
  12. Pasfoto (3×4) berwarna dan hitam putih masing-masing 2 lembar; dan
  13. Form checklist persyaratan mahasiswa baru.

Selain, itu proses registrasi harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa baru dan tidak dapat diwakilkan. Adapun orang tua mahasiswa hanya diperkenankan untuk menunggu di luar Gedung Bale Santika. Selain itu, untuk memudahkan keperluan pemotretan, calon mahasiswa diwajibkan untuk berpakaian rapi, formal, dan sopan.

Agus mengungkapkan sejauh ini belum ada kendala yang berarti selama proses registrasi. “Alhamdulillah, sejauh ini belum ada kendala yang berarti selama proses registrasi. Kalaupun ada sejauh ini kami bisa mengantisipasinya,” ujar Agus.*

Laporan oleh Arief Maulana