Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Agenda Psikologi » Wisuda Gelombang IV Unpad akan Dilaksanakan pada 7-9 Agustus, Prosesi PMB pada 1 Agustus

[Unpad.ac.id, 22/06/2012] Banyak rumor beredar berkenaan dengan pelaksanaan Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2011/2012 dari mulai prosesi yang diundur hingga ditiadakan. Namun rumor tersebut disanggah oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS., yang menegaskan bahwa jadwal wisuda untuk Gelombang IV T.A. 2011/2012 tetap sesuai dengan kalender akademik yaitu pada tanggal 7, 8, dan 9 Agustus 2012.

Logo Unpad *

Namun, jelas Prof. Engkus, jumlah sesi pada prosesi wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2011/2012 ini mungkin akan ditambah dan sangat fleksibel tergantung jumlah wisudawan. Hal ini karena diperkirakan jumlah wisudawan untuk gelombang ini lebih banyak dari gelombang-gelombang sebelumnya.

“Mengingat pengalaman-pengalaman wisuda gelombang-gelombang sebelumnya. Jika meleset dari jumlah, maka kemungkinan bisa lebih dari tiga hari. Karena untuk satu sesi wisuda ideal daya tampung ruangan hanya untuk maksimum 500 wisudawan,” ujarnya.

Ditambahkannya, batas akhir pendaftaran peserta wisuda secara online untuk Gelombang IV T.A. 2011/2012 masih mengacu pada kalender akademik yang telah ditetapkan yaitu pada tanggal 24 Juli 2012.

Jadwal Prosesi PMB
Sementara itu, prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) angkatan 2012-2013 oleh senat Unpad yang semula direncanakan jatuh pada tanggal 3 Agustus 2012 dimajukan menjadi tanggal 1 Agustus 2012. Sedangkan, prosesi PMB yang dilakukan oleh fakultas akan berlangsung sekitar tanggal 2, 3, dan 4 Agustus. Hal itu didasarkan agar prosesi tersebut dapat berlangsung lebih optimal.

“Hasil pertemuan dengan Rektor, kemudian sudah diumumkan di rapat pimpinan dengan dekan-dekan, dan sudah disampaikan juga ke BEM KEMA. Penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2012, prosesi penerimaan oleh senat Universitas itu tanggal 1 Agustus,” ujar Direktur Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., yang ditemui di ruang kerjanya di Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Jumat (22/06).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Students Day yang biasanya dilaksanakan pada satu hari berbarengan dengan prosesi PMB untuk tahun ini mengalami perubahan. Event  tahunan mahasiswa dan seluruh sivitas akademika Unpad ini akan dilaksanakan dalam rentang waktu yang cukup jauh dari pelaksanaan prosesi PMB, tepatnya jatuh pada tanggal 6 September 2012.

Selain karena jatuh pada bulan Ramadan, pelaksanaan Students Day yang dipisah dengan prosesi PMB juga didasari atas pengalaman sebelumnya, dimana satu hari dirasa kurang cukup bagi mahasiswa baru maupun seluruh sivitas Unpad untuk melaksanakan dua event besar sekaligus.

6 September 2012 juga nampaknya akan menjadi tanggal penting dan merupakan salah satu pesta besar bagi seluruh sivitas Unpad, terlebih bulan September di tahun ini merupakan bulan dimana Unpad merayakan Dies Natalis yang ke-55.

“Jadi nanti yang tanggal 6 September itu sekalian dengan Dies Natalis, kan September sudah masuk Dies, minggu depannya ulang tahun Unpad. Jadi sekalian ramai itu,” tutur Heryawan.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc. juga mengingatkan bagi para mahasiswa baru untuk memperhatikan segala macam hal yang harus dipenuhi sebelum prosesi PMB digelar. Detail mengenai hal tersebut akan diterima para mahasiswa baru pada saat pelaksanaan registrasi. “Tolong diperhatikan pengumuman yang akan dibagikan pada saat registrasi,” katanya. *

Laporan oleh: Indra Nugraha