Program Magister Psikologi Profesi

Visi

“Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi di bidang Psikologi Profesi (S2) yang terkemuka bertaraf internasional dalam pengembangan dan penerapan psikologi bagi kesejahteraan umat manusia”

 

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dalam praktek keilmuan dan pengembangannya.
  2. Mengembangkan kegiatan dan penerapan keilmuan yang dapat memajukan kesejahteraan umat manusia secara  terbuka, inovatif dan berkelanjutan.

 

Tujuan Pendidikan

  1. Menerapkan konsep dan teori psikologi sebagai dasar asesmen/psikodiagnostik dan intervensi/psikoterapi
  2. Memiliki keterampilan asesmen/diagnostik dalam mengadministrasikan, menganalisis dan menginterpretasikan data-data asesmen
  3. Memiliki keterampilan melakukan intervensi/psikoterapi yang bersifat individual, kelompok dan komunitas
  4. Memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti dan mengupayakan perkembangan ilmu psikologi sebagai ilmu terapan yang mencakup konsep, teori, metode asesmen, dan intervensi.
  5. Berfikir, bersikap, bertindak dan mempertanggungjawabkan praktek profesinya berlandaskan kode etik profesi psikologi Indonesia.
  6. Mampumengikuti perkembangan terapan psikologi dengan menggunakan teknologi mutakhir
  7. Mampu melakukan penelitian terapan untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan kaidah-kaidah psikologi.
  8. Mampu mensinergikan pengetahuan psikologi dengan bidang-bidang ilmu dalam kegiatan penelitian terapan.
  9. Mampu melakukan kerjasama dengan ahli-ahli lain dalam menjalani praktek psikologi untuk melayani masyarakat.

 

Kompetensi Lulusan

Nama Kompetensi Capaian Pembelajaran
Kompetensi 1:
Nilai Moral,
Pluralitas, dan Empati
Mampu melakukan kegiatan-kegiatan profesional psikologi secara empatik kepada individu, kelompok, dan masyarakat yang memiliki budaya, latar belakang, dan karakteristik yang beragam; baik ketika berhubungan dengan klien, teman sejawat, ataupun profesi lain.
Kompetensi 2:
Konsep dan Teori
Psikologi
Memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai mengenai:

a.   Manusia sebagai individu dan bagian dari sistem;

b.   Konsep, konstruk, metode, teori dan praktik psikologi terkait dengan fungsi dan perubahan perilaku manusia sepanjang hayat dari perspektif biologis, psikologis, sosial dan spiritual; baik yang bersifat umum maupun khusus.

c.   Etika dan standar praktik psikologi.

Kompetensi 3: Keterampilan
Umum
a.   Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan  kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal ilmiah inter-nasional

b.   Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian­nya

c.   Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta melalui  media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas

d.   Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin

e.   Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data

f.    Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega,  sejawat di dalam lembaga dan komunitas  penelitian yang lebih luas

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri

g. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan  menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Kompetensi 4:
Kemampuan
Asesmen
Mampu melakukan asesmen dan diagnosis terhadap permasalahan psikologis pada setting individu, kelompok, dan organisasi, berdasarkan kode etik psikologi dan bukti empiris, yang meliputi:

a.  Mampu menetapkan tujuan asesmen;

b.  Mampu mengidentifikasi permasalahan/kebutuhan;

c.  Menentukan metode asesmen yang mencakup observasi, wawancara, tes, dan metode Iainnya; berdasarkan pertimbangan kelebihan dan keterbatasan metode asesmen tersebut;

d.  Melakukan administrasi, skoring dan interpretasi dalam asesmen;

e.  Mampu mengintegrasikan data asesmen sebagai landasan untuk menyusun dinamika psikologis/job modelling/organization modelling;

f.   Membuat kesimpulan atau menegakkan diagnosis berdasarkan hasil asesmen dan teori psikologi;

g.  Menyampaikan (baik secara lisan, maupun tulisan) hasil pemeriksaan psikologis kepada pengguna jasa psikologi.

Kompetensi 5:
Pengembangan
Alat Ukur Psikologi
Mampu mengembangkan alat ukur psikologi sesuai dengan kode etik psikologi, meliputi:

a.  Menguasai konsep teoretis yang mendasari aspeklkonstruk psikologis yang akan dikembangkan;

b.  Merancang dan mengevaluasi rancangan alat ukur baru atau

c.  Mengadaptasi dan mengevaluasi adaptasi alat ukur

Kompetensi 6:
Kemampuan
Pemecahan
Masaiah PsikologisdanKompetensi 7: Kemampuan Intervensi Psikologis
Mampu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan tinggi dalam teknik intervensi berdasarkan kode etik psikologi dan bukti empiris, yang mencakup:

A. PERENCANAAN

i.  Mampu menetapkan tujuan dan teknik intervensi, termasuk kemampuan untuk membuat justifikasi hubungan antara diagnosis dan intervensi yang dipilih, berdasarkan teori psikologi;

ii.  Mampu merencanakan intervensi dalam tahap preventif, promotif, maupun dalam tahap kuratif/rehabilitatif/ korektif dalam rangka mencapai basil terbaik, berdasarkan pengetahuan mengenai pendekatan, model, dan teknik intervensi psikologis; berdasarkan pertimbangan kelebihan dan kekurangan rancangan tersebut.

 

Peminatan / Majoring

  • Psikologi Klinis Dewasa
  • Psikologi Klinis Anak dan Remaja
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Sosial/Komunitas
  • Psikologi Kerekayasaan