Program Studi Doktor Ilmu Psikologi

Visi dan Misi

1) Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang terkemuka bertaraf nasional dan internasional dalam pengembangan dan penerapan  psikologi bagi kesejahteraan umat manusia.

 

2) Misi

  1. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menekankan pada pengembangan ilmu seluas mungkin dengan melakukan penelitian yang dipublikasikan.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian yang bersifat terbuka, inovatif, berkelanjutan dengan berorientasi pada kesejahteraan umat manusia.
  3. Mengembangkan kegiatan yang bersifat penerapan keilmuan yang dapat memajukan kesejahteraan umat manusia.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan instansi yang bersifat nasional dan internasional, baik yang mencakup penelitian dan penerapan keilmuan dengan berorientasi pada kesejahteraan umat manusia.
  5. Menghasilkan lulusan Doktor Psikologi yang memiliki intergritas dalam praktek keilmuan dan pengembangannya yang bersifat inovatif, terbuka dengan berorientasi pada kesejahteraan umat manusia

 

Tujuan

Tujuan pendidikan  Program Studi Doktor Psikologi diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut

  1. mampu mengembangkan pengetahuan dan metodologi di bidang psikologi melalui riset sehingga menghasilkan teori dan karya inovatif, original, dan teruji.
  2. mampu menyelesaikan permasalahan manusia dengan menggunakan disiplin ilmu psikologi melalui pendekatan inter dan multidisiplin berdasarkan etika penelitian.
  3. mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset di bidang psikologi dengan integritas dan profesional secara mandiri.
  4. mampu mempublikasikan hasil-hasil riset di bidang psikologi di tingkat nasinal maupun internasional bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia.
  5. mampu menghasilkan teori, model, karya yang dapat diajukan untuk mendapat HAKI.
  6. mampu menghasilkan teori, pendekatan, dan karya yang dikembangkan dari kondisi Indonesia.
  7. mampu untuk menerapkan keilmuan psikologi untuk memecahkan permasalahan psikologis di masyarakat Indonesia.

 

Bidang Konsentrasi

Program Doktor Psikologi menyediakan 5 pilihan Konsentrasi, yaitu:

  1. Konsentrasi Klinis Dewasa
  2. Konsentrasi Klinis Anak/Psikologi Perkembangan
  3. Konsentrasi Psikologi Industri dan Organisasi
  4. Konsentrasi Psikologi Sosial
  5. Konsentrasi Psikologi Pendidikan