Program Studi Ilmu Psikologi (S3)

Visi dan Misi

1) Visi

“Menjadi penyelenggara pendidikan jenjang Doktor Psikologi yang terkemuka unggul dan bertaraf internasional di tahun 2026 dalam pengembangan teori-teori psikologi dan penerapannya bagi kesejahteraan umat manusia.”

 

2) Misi

  1. Menyediakan proses pembelajaran berkualitas tinggi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kemandirian dalam melakukan penelitian yang berlandaskan asas ilmiah.
  2. Mengembangkan proses pembelajaran dalam rangka pengembangan ilmu psikologi yang mengutamakan penelitian dengan berbagai macam pendekatan untuk memahami perilaku manusia.
  3. Mengembangkan kerjasama institusional baik yang berskala nasional maupun internasional dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, kualitas penelitian, kapasitas mahasiswa, dan kompetensi sumber daya manusia.
  4. Menghasilkan doktor dalam ilmu psikologi yang memiliki integritas dan kewibawaan yang diakui secara nasional maupun internasional dan mengembangkan penerapannya untuk kesejahteraan manusia.

 

Tujuan

Tujuan pendidikan  Program Studi Psikologi (S3) diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut

  1. Terselenggaranya dan berkembangnya sistem pendidikan Doktor ilmu psikologi berbasis riset (by research) yang efektif dan efisien.
  2. Dihasilkannya lulusan (Doktor) ilmu psikologi yang secara adekuat dapat menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta mampu bersaing di tingkat nasional dan
  3. Meningkatnya produktivitas dan kualitas penelitian-penelitian dosen dan mahasiswa yang didiseminasikan secara nasional dan internasional.
  4. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat melalui kepedulian sivitas akademika program Doktor dalam upaya penyejahteraan manusia.
  5. Terlaksananya manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance), berbasis transparansi, dan akuntabilitas untuk menciptakan hubungan kerja yang efektif dan efisien.
  6. Terjalinnya kemitraan secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan, dan saling percaya.

 

Kompetensi Utama

  1. Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik
  2. Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan dirinya sendiri (career and personal development).
  3. Mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  4. Mampu menerapkan kaidah-kaidah etika dalam penelitian psikologi
  5. Mampu, menerapkan, mengevaluasi, mengembangkan, dan menyebar luaskan  konsep-konsep dan teori-teori psikologi yang mengacu pada  antara lain perspektif kepribadian, perkembangan, sosial, fungsi-fungsi, kognitif, dan neurobiologis melalui pendekatan  mono, inter, multi, dan trans disiplin untuk menjelaskan dan memprediksikan tingkah laku individu, kelompok, maupun sosial.
  6. Mengevaluasi,  mengembangkan, dan mengadaptasikan prosedur observasi, interview, dan instrumen asesmen yang diperkenankan sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia untuk  mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset.
  7. Mampu mengevaluasi, mengembangkan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asemen psikologi untuk keperluan penyelesaian masalah dalam lingkup terapan psikologi dengan berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan pendekatan linear untuk laten variabel.
  8. Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah psikologis yang kompleks, pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.
  9. Mampu mengelola, memimpin, dan  mengembangkan intervensi psikologis pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas
  10. Mampu menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggungjawab untuk mengembangkan riset di bidang psikologi yang kompleks dengan integritas profesionalisme yang
    Tinggi
  11. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, khususnya dalam menyebar luaskan hasil riset dalam publikasi ilmiah tingkat nasional dan jurnal internasional.
  12. Mampu melakukan riset terapan maupun riset yang berorientasi pada pengembangan ilmu dengan berlandaskan pada konsep-konsep/teori-teori psikologi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif(termasuk mengumpulkan data secara sistimatis, dan melakukan analisis data empirik dengan menggunakan statistik deskriptif, inferensial (multivariate) dan non-parametrik baik untuk observed variable maupun latent variable), maupun kualitatif menggunakan pendekatan/tipe penelitian tertentu yang spesifik dan menguasai paradigma hingga metode-metode pengumpulan datanya (termasuk ada saturation point atau theoretic closure dari data yang diperoleh, artinya, cakupan data memang memiliki kecukupan teoretis untuk digunakan mengambil penyimpulan konseptual)
  13. Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional terakreditasi atau buku yang dicetak secara nasional
  14. Memiliki kewenangan untuk mengembangkan dan menggunakan prosedur observasi, interview, dan instrumen asesmen, yang diperkenankan dan sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia, untuk  mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset
  15. Memiliki kewenangan untuk merancang dan melakukan intervensi psikologis, yang diperkenankan dan sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia, yang bertujuan untuk mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas
  16. Memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk menjaga kesejahteraan psikologi subyek penelitian maupun intervensi dalam rangka mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan intervensi dengan perspektif pengembangan  potensi individu,  kelompok, organisasi, dan komunitas.

 

Bidang Konsentrasi

Program Doktor Psikologi menyediakan 5 pilihan Konsentrasi, yaitu:

  1. Konsentrasi Klinis Dewasa
  2. Konsentrasi Klinis Anak/Psikologi Perkembangan
  3. Konsentrasi Psikologi Industri dan Organisasi
  4. Konsentrasi Psikologi Sosial
  5. Konsentrasi Psikologi Pendidikan