Program Studi Ilmu Psikologi (S3)

Visi dan Misi

1) Visi

“Menjadi penyelenggara pendidikan jenjang Doktor Psikologi yang terkemuka, unggul, dan bertaraf internasional di tahun 2026 dalam pengembangan teori-teori psikologi dan penerapanya bagi masyarakat”

Terkemuka berarti menjadi program studi yang mengutamakan pada pengembangan ilmu yang terkait kesejahteraan psikologis masyarakat Indonesia.
Unggul berarti membangun pengelolaan terakreditasi unggul yang diakui secara nasional.
Bertaraf Internasional berarti menciptakan pengelolaan terakreditasi secara internasional serta menghasilkan publkasi ilmiah yang diakui di masyarakat akademik Internasional.

 

2) Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang memiliki ciri: scientific, kontekstual, interaktif, holistic, dan berorientasi pada pengembangan berpikir kritis dan kemandirian dala bertindak.
  2. Mengembangkan proses pembelajaran yang mengutamakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu psikologi secara mono atau multi disiplin yang bersifat terbuka, inovatif, berkelanjutan yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia dan daya saing bangsa.
  3. Mengembangkan kegiatan yang berorientasi pada proses penelitian dan pemanfaatan hasil penelitian ilmu psikologi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  4. Mengembangkan kerjasama secara institusional baik bersifat nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan proses pembelajaran, kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat.

 

3) Tujuan

Tujuan pendidikan  Program Studi Psikologi (S3) diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut

  1. Terselenggaranya dan berkembangnya sistem pendidikan Doktor ilmu psikologi berbasis riset (by research) yang efektif dan efisien.
  2. Dihasilkannya lulusan (Doktor) ilmu psikologi yang secara adekuat dapat menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta mampu bersaing di tingkat nasional dan
  3. Meningkatnya produktivitas dan kualitas penelitian-penelitian dosen dan mahasiswa yang didiseminasikan secara nasional dan internasional.
  4. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat melalui kepedulian sivitas akademika program Doktor dalam upaya penyejahteraan manusia.
  5. Terlaksananya manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance), berbasis transparansi, dan akuntabilitas untuk menciptakan hubungan kerja yang efektif dan efisien.
  6. Terjalinnya kemitraan secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan, dan saling percaya.

 

Kompetensi Utama

  1. Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik
  2. Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan dirinya sendiri (career and personal development).
  3. Mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  4. Mampu menerapkan kaidah-kaidah etika dalam penelitian psikologi
  5. Mampu, menerapkan, mengevaluasi, mengembangkan, dan menyebar luaskan  konsep-konsep dan teori-teori psikologi yang mengacu pada  antara lain perspektif kepribadian, perkembangan, sosial, fungsi-fungsi, kognitif, dan neurobiologis melalui pendekatan  mono, inter, multi, dan trans disiplin untuk menjelaskan dan memprediksikan tingkah laku individu, kelompok, maupun sosial.
  6. Mengevaluasi,  mengembangkan, dan mengadaptasikan prosedur observasi, interview, dan instrumen asesmen yang diperkenankan sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia untuk  mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset.
  7. Mampu mengevaluasi, mengembangkan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asemen psikologi untuk keperluan penyelesaian masalah dalam lingkup terapan psikologi dengan berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan pendekatan linear untuk laten variabel.
  8. Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah psikologis yang kompleks, pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.
  9. Mampu mengelola, memimpin, dan  mengembangkan intervensi psikologis pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas
  10. Mampu menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggungjawab untuk mengembangkan riset di bidang psikologi yang kompleks dengan integritas profesionalisme yang
    Tinggi
  11. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, khususnya dalam menyebar luaskan hasil riset dalam publikasi ilmiah tingkat nasional dan jurnal internasional.
  12. Mampu melakukan riset terapan maupun riset yang berorientasi pada pengembangan ilmu dengan berlandaskan pada konsep-konsep/teori-teori psikologi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif(termasuk mengumpulkan data secara sistimatis, dan melakukan analisis data empirik dengan menggunakan statistik deskriptif, inferensial (multivariate) dan non-parametrik baik untuk observed variable maupun latent variable), maupun kualitatif menggunakan pendekatan/tipe penelitian tertentu yang spesifik dan menguasai paradigma hingga metode-metode pengumpulan datanya (termasuk ada saturation point atau theoretic closure dari data yang diperoleh, artinya, cakupan data memang memiliki kecukupan teoretis untuk digunakan mengambil penyimpulan konseptual)
  13. Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional terakreditasi atau buku yang dicetak secara nasional
  14. Memiliki kewenangan untuk mengembangkan dan menggunakan prosedur observasi, interview, dan instrumen asesmen, yang diperkenankan dan sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia, untuk  mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset
  15. Memiliki kewenangan untuk merancang dan melakukan intervensi psikologis, yang diperkenankan dan sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia, yang bertujuan untuk mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset pada individu, kelompok, organisasi dan komunitas
  16. Memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk menjaga kesejahteraan psikologi subyek penelitian maupun intervensi dalam rangka mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan intervensi dengan perspektif pengembangan  potensi individu,  kelompok, organisasi, dan komunitas.

 

Bidang Konsentrasi

Program Doktor Psikologi menyediakan 5 pilihan Konsentrasi, yaitu:

  1. Konsentrasi Klinis Dewasa
  2. Konsentrasi Klinis Anak/Psikologi Perkembangan
  3. Konsentrasi Psikologi Industri dan Organisasi
  4. Konsentrasi Psikologi Sosial
  5. Konsentrasi Psikologi Pendidikan

Program Studi Psikologi (S2)

Visi dan Misi

1) Visi

“Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi Psikologi tingkat Magister berbasis penelitian yang mendorong pengembangan psikologi sebagai ilmu pengetahuan  dan memberikan kontribusi ilmiah dalam peningkatan kesejahteraan manusia dan diakui secara internasional pada tahun 2026.”

 

2) Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran psikologi pada tingkat Magister yang mengacu pada perkembangan psikologi yang mutakhir untuk menghasilkan lulusan yang diakui kepakaran keilmuannya secara Nasional pada tahun 2019, regional pada tahun 2021 dan internasional pada Tahun 2026.
  2. Menghasilkan penelitian-penelitian dengan kajian psikologi yang menjadi rujukan pengembangan ilmu secara nasional pada tahun 2019, regional pada tahun 2021, dan internasional pada tahun 2026.
  3. Memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan individu, kelompok, atau masyarakat melalui sumbangan pemikiran atau kegiatan-kegiatan pengabdian yang bersifat ilmiah
  4. Memfasilitasi peningkatan kualitas dan kompetensi SDM dibidang pendidikan, penelitian, dan manajemen secara berkesinambungan

 

Tujuan Umum

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang penelitian khususnya dalam rangka pengembangan Psikologi sebagai ilmu pengetahuan
  2. Perluasan akses dengan menyediakan program-program pendalaman yang lebih beragam untuk dapat menjawab tuntutan dan kebtuhan masyarakat
  3. Mempersiapkan dan memberikan peluang bagi para lulusannya untuk dapat melanjutkan studi ke pendidikan doktor
  4. Mendorong partisipasi dosen dan mahasiswa dalam berbagai kegiatan dengan melibatkan institusi, organisasi profesi yang terkait, dan organisasi alumni (IKAPSI Unpad) seperti Seminar, Lokarya, dan Pelatihan
  5. Mendorong Dosen dan Mahasiswa untuk mendiseminasikan hasil-hasil-hasil penelitian dan telaah akademiknya melalui kongres dan konferensi nasional dan internasional serta publikasi dalam jurnal-jurnal nasional dan internasional.
  1.  

Kompetensi Umum lulusan

  1. Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik
  2. Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan dirinya sendiri (career and personal development).
  3. Mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  4. Mampu mendeskripsikan, memprediksikan, dan menjelaskan tingkah laku individu, kelompok, maupun sosial dengan menggunakan konsep-konsep dan teori-teori psikologi yang mengacu pada pendekatan kepribadian, perkembangan, sosial, fungsi-fungsi, kognitif, neurobiologis, dan lintas disiplin ilmu (inter atau multi disipliner) dalam konteks personal, kelompok, pendidikan maupun industri dan organisasi
  5. Menguasai teknik observasi, interview, dan penggunaan instrumen psikologi yang diperkenankan sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia terutama untuk kepentingan penelitian,  pengembangan ilmu, dan pemahaman tingkah laku manusia
  6. Mampu mengevaluasi, mengembangkan/mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asemen psikologi yang terstandar untuk individu maupun kelompok baik untuk keperluan penelitian maupun praktek dengan berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan pendekatan linear untuk laten variabel
  7. Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah psikologis nonklinis (bukan kasus abnormal) yang kompleks, kepada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat
  8. Mampu meneliti dan mengevaluasi, determinan dan outcome permasalahan psikologi non klinis  (tidak dalam kategori abnormal/penyimpangan) secara ilmiah dengan tujuan pengembangan ilmu psikologi maupun lintas disiplin ilmu.
  9. Mampu menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif degan individu lain dan dengan lingkungan sosialnya
  10. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, khususnya dalam melaporkan serta mempresentasikan hasil penelitian melalui presentasi dan publikasi ilmiah tingkat nasional maupun internasional.
  11. Mampu melakukan riset yang berorientasi pada pengembangan ilmu dengan berlandaskan pada konsep-konsep/teori-teori psikologi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif (termasuk mengumpulkan data secara sistimatis, dan melakukan analisis data empirik dengan menggunakan statistik deskriptif, inferensial (multivariate) dan non-parametrik untuk observed variable), maupun kualitatif dengan pendekatan dan metode  riset kualitatif  yang sesuai, serta dengan menggunakan  telaah konseptual dalam rangka memberikan sumbangan keilmuan dan penerapannya dalam bidang kerjanya, serta mampu untuk memantau, menganalisis, dan mengevaluasi gejala, pendekatan, dan inisiatip intervensi  tertentu.
  12. Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah terakreditasi atau buku
  13. Memiliki kewenangan untuk melakukan observasi, interview, dan penggunaan instrumen psikologi yang diperkenankan sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia terutama untuk kepentingan penelitian, pengembangan ilmu, dan pemahaman tingkah laku manusia
  14. Memiliki kewenangan untuk merancang dan melakukan intervensi psikologis non klinis   untuk individu, kelompok, organisasi, dan komunitas sesuai dengan batasan-batasan yang dituangkan dalam Kode Etik Psikologi Indonesia
  15. Memiliki kewenangan dan tanggungjawab untuk mengembangkan program-program dalam rangka menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensi individu/kelompok yang didasari oleh teori-teori psikologi dan ilmu lain yang relevan memalui suatu pendekatan ilmiah

 

Konsentrasi (Pendalaman Keilmuan)

  1. Pendalaman Kajian Psikologi Sumber Daya Manusia
  2. Pendalaman Kajian Psikologi Perkembangan
  3. Pendalaman Kajian Psikologi Sosial
  4. Pendalaman Kajian Psikologi Kesehatan
  5. Pendalaman Kajian Psikometri.

 

 

Program Magister Psikologi Profesi

Visi

“Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi di bidang Psikologi Profesi (S2) yang terkemuka bertaraf internasional dalam pengembangan dan penerapan psikologi bagi kesejahteraan umat manusia”

 

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dalam praktek keilmuan dan pengembangannya.
  2. Mengembangkan kegiatan dan penerapan keilmuan yang dapat memajukan kesejahteraan umat manusia secara  terbuka, inovatif dan berkelanjutan.

 

Tujuan Pendidikan

  1. Menerapkan konsep dan teori psikologi sebagai dasar asesmen/psikodiagnostik dan intervensi/psikoterapi
  2. Memiliki keterampilan asesmen/diagnostik dalam mengadministrasikan, menganalisis dan menginterpretasikan data-data asesmen
  3. Memiliki keterampilan melakukan intervensi/psikoterapi yang bersifat individual, kelompok dan komunitas
  4. Memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti dan mengupayakan perkembangan ilmu psikologi sebagai ilmu terapan yang mencakup konsep, teori, metode asesmen, dan intervensi.
  5. Berfikir, bersikap, bertindak dan mempertanggungjawabkan praktek profesinya berlandaskan kode etik profesi psikologi Indonesia.
  6. Mampumengikuti perkembangan terapan psikologi dengan menggunakan teknologi mutakhir
  7. Mampu melakukan penelitian terapan untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan kaidah-kaidah psikologi.
  8. Mampu mensinergikan pengetahuan psikologi dengan bidang-bidang ilmu dalam kegiatan penelitian terapan.
  9. Mampu melakukan kerjasama dengan ahli-ahli lain dalam menjalani praktek psikologi untuk melayani masyarakat.

 

Kompetensi Lulusan

Nama Kompetensi Capaian Pembelajaran
Kompetensi 1:
Nilai Moral,
Pluralitas, dan Empati
Mampu melakukan kegiatan-kegiatan profesional psikologi secara empatik kepada individu, kelompok, dan masyarakat yang memiliki budaya, latar belakang, dan karakteristik yang beragam; baik ketika berhubungan dengan klien, teman sejawat, ataupun profesi lain.
Kompetensi 2:
Konsep dan Teori
Psikologi
Memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai mengenai:

a.   Manusia sebagai individu dan bagian dari sistem;

b.   Konsep, konstruk, metode, teori dan praktik psikologi terkait dengan fungsi dan perubahan perilaku manusia sepanjang hayat dari perspektif biologis, psikologis, sosial dan spiritual; baik yang bersifat umum maupun khusus.

c.   Etika dan standar praktik psikologi.

Kompetensi 3: Keterampilan
Umum
a.   Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan  kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal ilmiah inter-nasional

b.   Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian­nya

c.   Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta melalui  media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas

d.   Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin

e.   Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data

f.    Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega,  sejawat di dalam lembaga dan komunitas  penelitian yang lebih luas

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri

g. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan  menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Kompetensi 4:
Kemampuan
Asesmen
Mampu melakukan asesmen dan diagnosis terhadap permasalahan psikologis pada setting individu, kelompok, dan organisasi, berdasarkan kode etik psikologi dan bukti empiris, yang meliputi:

a.  Mampu menetapkan tujuan asesmen;

b.  Mampu mengidentifikasi permasalahan/kebutuhan;

c.  Menentukan metode asesmen yang mencakup observasi, wawancara, tes, dan metode Iainnya; berdasarkan pertimbangan kelebihan dan keterbatasan metode asesmen tersebut;

d.  Melakukan administrasi, skoring dan interpretasi dalam asesmen;

e.  Mampu mengintegrasikan data asesmen sebagai landasan untuk menyusun dinamika psikologis/job modelling/organization modelling;

f.   Membuat kesimpulan atau menegakkan diagnosis berdasarkan hasil asesmen dan teori psikologi;

g.  Menyampaikan (baik secara lisan, maupun tulisan) hasil pemeriksaan psikologis kepada pengguna jasa psikologi.

Kompetensi 5:
Pengembangan
Alat Ukur Psikologi
Mampu mengembangkan alat ukur psikologi sesuai dengan kode etik psikologi, meliputi:

a.  Menguasai konsep teoretis yang mendasari aspeklkonstruk psikologis yang akan dikembangkan;

b.  Merancang dan mengevaluasi rancangan alat ukur baru atau

c.  Mengadaptasi dan mengevaluasi adaptasi alat ukur

Kompetensi 6:
Kemampuan
Pemecahan
Masaiah PsikologisdanKompetensi 7: Kemampuan Intervensi Psikologis
Mampu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan tinggi dalam teknik intervensi berdasarkan kode etik psikologi dan bukti empiris, yang mencakup:

A. PERENCANAAN

i.  Mampu menetapkan tujuan dan teknik intervensi, termasuk kemampuan untuk membuat justifikasi hubungan antara diagnosis dan intervensi yang dipilih, berdasarkan teori psikologi;

ii.  Mampu merencanakan intervensi dalam tahap preventif, promotif, maupun dalam tahap kuratif/rehabilitatif/ korektif dalam rangka mencapai basil terbaik, berdasarkan pengetahuan mengenai pendekatan, model, dan teknik intervensi psikologis; berdasarkan pertimbangan kelebihan dan kekurangan rancangan tersebut.

 

Peminatan / Majoring

  • Psikologi Klinis Dewasa
  • Psikologi Klinis Anak dan Remaja
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Sosial/Komunitas
  • Psikologi Kerekayasaan