INFO MAHASISWA BARU TA 2017/2018

1. PENGAMBILAN JAS ALMAMATER DAN INFORMASI PMB

Bagi Mahasiswa Baru S1 Psikologi Unpad, pengambilan jas almamater dan pengumuman mengenai informasi PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Sabtu, 19 November 2017

Waktu : Pukul 09.00 WIB

Tempat : Gedung II Kampus Jatinangor Fakultas Psikologi Unpad

 

2. PMB UNIVERSITAS

Mahasiswa Baru S1 Fakultas Psikologi Unpad WAJIB mengikuti PMB Universitas yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 21 Agustus 2017

Waktu : pukul 06.00-15.00.

Informasi lanjut silakan cek di website Unpad (klik disini)

 

3. PMB FAKULTAS

Seluruh mahasiswa baru  S1, S2 Psikologi Profesi , S2 Psikologi dan S3 WAJIB HADIR di Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Dekan Fak Psikologi Tahun Akademik 2017/2018 yang diselenggarakan pada :

Hari / Tanggal : Selasa, 22 Agustus 2017

Waktu : Pukul 09.00 (Hadir pukul 08.30 WIB di ruangan)

Tempat : Aula A gedung II Fapsi Jatinangor

Dresscode :

  • Mahasiswa S1  : Atasan putih dan bawahan hitam/gelap, sepatu tertutup.
  • Mahasiswa S2 dan S3 : Atasan batik dan bahawan hitam/gelap, sepatu tertutup

 

Kolaborasi Mahasiswa Unpad dari 4 Fakultas Membuahkan Hasil PKM Pengabdian Kepada Masyarakat

[psikologi.unpad.ac.id/16072017] Tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat Unpad yang terdiri dari Umi Latifah (Fakultas Kedokteran Gigi), Dian Elok Permataningtyas (Fakultas Kedokteran), Elsa Kartika Sari Sunarya (Fakultas Psikologi), Millah Atqia Akhyar (Fakultas Psikologi), dan Mohamad Irfan (Fakultas Matematika dan IPA) disupervisi oleh Dosen Fakultas Psikologi Unpad yaitu Laila Qodariah, S.Psi., M.Psi., Psikolog, berhasil melaksanakan sebuah program pengabdian masyarakat yang diberi nama BOM-BOM CAR (Belajar Olah Motorik melalui Carving) bagi anak Tunagrahita SLB BC. Program ini bertujuan untuk melatih aspek motorik halus bagi anak-anak tunagrahita SLB BC. Motorik halus sendiri merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang agar dapat beraktivitas optimal dalam kehidupan sehari-hari. Terganggunya kemampuan motorik seseorang, akan mengganggu pula aktivitasnya, sehingga pelatihan kemampuan motorik halus sangat diperlukan, terutama anak-anak yang masih berada dalam tahap perkembangan.

Latihan Membuat Playdough Sebagai Salah Satu Sarana Melatih Motorik Halus pada Anak Tunagrahita SLB BC (foto. dok pribadi)

Program ini telah dilaksanakan dari bulan April hingga Mei 2017 di SLB BC Fadhilah, satu-satunya SLB yang ada di Jatinangor. Menurut Dian, salah seorang anggota Tim Bom-Bom Car, pelatihan yang dilakukan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan dengan berbagai aktivitas untuk menstimulasi motorik halus anak, yang terdiri dari kegiatan senam motorik halus, kegiatan mengolah bahan tepung menjadi playdough, untuk mempersiapkan anak mengikuti stimulasi yang lebih kompleks. Kegiatan utama dari program ini adalah kegiatan carving dengan menggunakan lilin. Kegiatan carving ini sendiri terinspirasi dari kegiatan praktikum yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Gigi, yang ternyata bisa digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan aspek motorik halus pada anak-anak. Pelatihan pun disusun dalam 16 kali pertemuan dari tingkat yang mudah hingga tingkat yang sulit yaitu meng-carving lilin menjadi bentuk es krim.

Hasil program yang dilakukan Tim PKM-M ini ternyata mendapat sambutan baik dari pihak sekolah dan bermaksud untuk diadaptasi menjadi salah satu ekstrakulikuler ataupun pelajaran tambahan. Selain itu, pelatihan ini juga mendapat sambutan yang baik oleh gabungan SLB Gugus 45 sehingga diajak berkolaborasi dengan seluruh SLB yang ada di Tanjungsari untuk memberikan pelatihan kepada seluruh anak tunagrahita di SLBnya. “Respon baik ini diharapkan juga mendapat dukungan dari pemerintah ataupun pihak-pihak terkait yang bergerak dalam bidang sosial dan disabilitas sangat diharapkan, bagaimanapun, setiap anak berhak untuk bahagia, berprestasi, dan dipedulikan”, ungkap Elsa.

Ditulis oleh : Humas Fakultas Psikologi Unpad

 

 

Menyambung Tali Silaturahim dalam Buka Bersama Civitas Akademika FAPSI UNPAD

[psikologi.unpad.ac.id/08062017] Momen Ramadhan sering dijadikan kesempatan oleh warga Indonesia untuk menyambung tali
silaturahim. Civitas akademika Fakultas Psikologi Unpad pun ikut memanfaatkan momen ramadhan ini untuk menyambung tali silaturahmi antar civitas. Atas kerja sama dari BEM Kema Fapsi Unpad dan DKM Ath-Tholibin, acara buka bersama civitas pun diselenggarakan pada hari Rabu, 31 Mei 2017.
Acara buka bersama civitas tersebut pun turut dimeriahkan dengan penampilan dari KK musik dan paduan suara. Tidak hanya itu, BEM dan DKM pun turut mengundang teman-teman dari panti asuhan Huriyyah -Tulumah, Hegarmanah.
Teman-teman dari panti asuhan pun turut menambah kemeriahan hari itu dengan memberikan penampilan marawis. Selain diisi dengan berbagai penampilan, acara buka bersama civitas ini juga diisi oleh tausiyah dan ditutup dengan sholat taraweh berjamaah di Fakultas Psikologi Unpad.
Ditulis Oleh : BEM Psikologi UNPAD

Sthiraniskala : Galeri BEM 2017

Pengabdian Pada Masyarakat (PENGMAS) 2017

A. KANCIL 1: Hari Pekerja Nasional

Hari Pekerja Nasional diperingati Dept. Pengmas pada tanggal 20 Februari 2017. Peringatan hari pekerja nasional dilakukan dengan memberikan apresiasi berupa sapu tangan, sticky note, dan note book. Barang tersebut diberikan kepada K3L dan satpam dalam rangka memotivasi kerja. Kami mengajak civitas fapsi untuk turut serta membagikannya.

 

B. KANCIL 2: Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional diperingati Dept. Pengmas pada tanggal 9 Maret 2017 dengan mengajak civitas fapsi untuk bernyanyi bersama di Plaza Batu depan Gedung 2 Fakultas Psikologi Unpad yang ditujukan untuk melepas penat dari aktivitas perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan. Sebelum kegiatan bernyanyi bersama dilakukan preevent yaitu dengan membuat lomba menyanyi civitas dan pemenangnya ditentukan berdasarkan likes terbanyak.

 

C. KANCIL 3: Hari Down Syndrome Internasional

Hari Down Syndrome Internasional diperingati Dept. Pengmas dengan mengajak civitas fapsi untuk datang mengunjungi SLB BC Fadhilah yang terletak di Cipacing, Jatinangor. Pada tanggal 25 Maret 2017, dept. Pengmas bersama dengan 12 civitas fapsi mengadakan kegiatan bersama dengan anak-anak penderita down syndrome, kegiatan yang dilakukan yaitu mewarnai profesi, membuat prakarya dari botol plastik bekas, dan menari bersama. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan awareness dan kepedulian civitas fapsi terhadap anak penderita down syndrome untuk dapat berbagi kebahagiaan, memberikan manfaat, dan menerima penderita untuk berkembang dan belajar. Kegiatan mewarnai profesi ditujukan untuk memberikan stimulus kepada anak-anak penderita down syndrome mengenai cita-cita dan pengenalan terhadap cita-cita tersebut, dengan adanya penjelasan mengenai profesi-profesi tersebut. Kegiatan membuat prakarya ditujukan untuk melatih motorik halus anak-anak penderita down syndrome. Kegiatan menari ditujukan untuk melatih motorik kasar anak-anak penderita down syndrome.

 

D. Cerita Keliling (CLING)

Cerita keliling dilakukan oleh KK KPAR di bawah Dept. Pengmas pada Sabtu, 25 Maret. Kegiatan ini dilakukan kepada anak-anak di TK Bahagia daerah Cibeusi, Jatinangor. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pendidikan moral kepada anak-anak melalui metode yang menarik dan menyenangkan. Kegiatan diawali dengan melakukan senam bersama dengan anak-anak. Selanjutnya, anak-anak mulai dikondisikan masuk ke dalam kelas. Mahasiswa dari Kelompok Pecinta Anak dan Remaja memulai melaksanakan dogeng menggunakan boneka tangan dengan karakter bebek, ayam, burung beo, dan induk ayam. Pesan moral yang disampaikan melalui dogeng tersebut adalah persatuan Indonesia bahwa walaupun kita berbeda-beda, kita tetap harus bersatu sebagai bangsa Indonesia. Kemudian, kegiatan dilanjutan dengan kegiatan mewarnai. Anak-anak mendapatkan gambar tokoh tertentu. Setelah semua selesai, panitia memilih lima gambar yang diwarnai dengan rapih. Kegiatan ini di akhiri dengan pembagian bingkisan kepada anak-anak.

 

Alumni Sharing and Recruitment With PT Paragon Technology and Innovation

I want to know : Sharing and Recruitment with PT Paragon Technology and Innovation merupakan acara yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran khususnya tingkat akhir mengenai gambaran pekerjaan yang ada di Paragon dan juga informasi Acara ini akan berbentuk sharing alumni yang nantinya akan bercerita seperti apa pekerjaan dan pengalaman apa saja yang mereka dapatkan di Paragon. Acara akan dilanjutkan dengan rekrutmen yang dibagi menjadi dua tahap tes yang akan diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir dan alumni Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

  • Moderator: Kartika Probo (PT Paragon Technology and Innovation)
  • Pemateri:
    • Esti Tristiana sebagai Human Capital Director (Fapsi 86)
    • Nur Fauziyyah sebagai Human Capital Management (Fapsi 09)
    • Citra Purnamasari sebagai Business Development (Fapsi 07)
  • Peserta : Mahasiswa Fapsi angkatan 2013 dan alumni Fapsi
  • Tempat pelaksanaan : Ruang Aula Gd. 2 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
  • Waktu pelaksanaan : Sabtu, 25 Februari 2017 pukul 08.00-17.00

 

Pembekalan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Psikologi Unpad

Pembekalan untuk mahasiswa berprestasi merupakan acara yang ditujukan untuk perwakilan mahasiswa berprestasi angkatan 2014, 2015, dan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Acara ini berbentuk penyampaian materi dan sharing mengenai Pilmapres dan bagaimana sebaiknya persiapan yang dilakukan menjelang seleksi.

  • Pemateri: Dr. Yus Nugraha, MA
  • Peserta : Perwakilan mahasiswa berprestasi angkatan 2014, 2015, dan 2016
  • Tempat pelaksanaan : Ruang E Gd. 2 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
  • Waktu pelaksanaan : Kamis, 23 Maret 2017 pukul 15.30-18.30

 

Lomba debat dan cerdas cermat Nasional Psychovillage 2017

Kompetisi nasional Psychovillage diadakan oleh Universitas Pelita Harapan, Tangerang dari tanggal 14 hingga 18 Maret 2017. Kompetisi ini terdiri dari dua cabang lomba yaitu Psychosmart atau lomba cerdas cermat dan Psychodebate atau lomba debat. Universitas Padjadjaran mengirimkan total empat tim, yaitu dua tim untuk debat dan dua tim untuk cerdas cermat. Untuk cabang lomba debat, Unpad diwakili oleh M. Zulfajri Taswin (2013), Rina Parliya (2014), dan Oriana Vibrin (2014) sebagai tim Unpad A dan Ocha Ananda Suherik (2015), Dyah Ayu Nur Aisyiah (2015), dan Sarah Aurelia (2016) sebagai tim Unpad B. Sedangkan untuk cabang lomba cerdas cermat, Unpad diwakili oleh Ilham Phalosa Reswara (2013), Putu G. P. Rarasati M. (2015), dan Azizah Fathiyah Din (2016) sebagai tim Unpad A dan Amanda Nurshadrina (2013), Annisa Salsabila (2015), dan Ami Septiyati Liman (2015) sebagai tim Unpad B. Untuk cabang lomba debat, tim Unpad B berhasil masuk ke babak quarterfinal dan untuk lomba cerdas cermat tim Unpad A berhasil lolos ke babak 5 besar.