INFO MAHASISWA BARU TA 2017/2018

1. PENGAMBILAN JAS ALMAMATER DAN INFORMASI PMB

Bagi Mahasiswa Baru S1 Psikologi Unpad, pengambilan jas almamater dan pengumuman mengenai informasi PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Sabtu, 19 November 2017

Waktu : Pukul 09.00 WIB

Tempat : Gedung II Kampus Jatinangor Fakultas Psikologi Unpad

 

2. PMB UNIVERSITAS

Mahasiswa Baru S1 Fakultas Psikologi Unpad WAJIB mengikuti PMB Universitas yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 21 Agustus 2017

Waktu : pukul 06.00-15.00.

Informasi lanjut silakan cek di website Unpad (klik disini)

 

3. PMB FAKULTAS

Seluruh mahasiswa baru  S1, S2 Psikologi Profesi , S2 Psikologi dan S3 WAJIB HADIR di Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Dekan Fak Psikologi Tahun Akademik 2017/2018 yang diselenggarakan pada :

Hari / Tanggal : Selasa, 22 Agustus 2017

Waktu : Pukul 09.00 (Hadir pukul 08.30 WIB di ruangan)

Tempat : Aula A gedung II Fapsi Jatinangor

Dresscode :

  • Mahasiswa S1  : Atasan putih dan bawahan hitam/gelap, sepatu tertutup.
  • Mahasiswa S2 dan S3 : Atasan batik dan bahawan hitam/gelap, sepatu tertutup

 

Kolaborasi Mahasiswa Unpad dari 4 Fakultas Membuahkan Hasil PKM Pengabdian Kepada Masyarakat

[psikologi.unpad.ac.id/16072017] Tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat Unpad yang terdiri dari Umi Latifah (Fakultas Kedokteran Gigi), Dian Elok Permataningtyas (Fakultas Kedokteran), Elsa Kartika Sari Sunarya (Fakultas Psikologi), Millah Atqia Akhyar (Fakultas Psikologi), dan Mohamad Irfan (Fakultas Matematika dan IPA) disupervisi oleh Dosen Fakultas Psikologi Unpad yaitu Laila Qodariah, S.Psi., M.Psi., Psikolog, berhasil melaksanakan sebuah program pengabdian masyarakat yang diberi nama BOM-BOM CAR (Belajar Olah Motorik melalui Carving) bagi anak Tunagrahita SLB BC. Program ini bertujuan untuk melatih aspek motorik halus bagi anak-anak tunagrahita SLB BC. Motorik halus sendiri merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang agar dapat beraktivitas optimal dalam kehidupan sehari-hari. Terganggunya kemampuan motorik seseorang, akan mengganggu pula aktivitasnya, sehingga pelatihan kemampuan motorik halus sangat diperlukan, terutama anak-anak yang masih berada dalam tahap perkembangan.

Latihan Membuat Playdough Sebagai Salah Satu Sarana Melatih Motorik Halus pada Anak Tunagrahita SLB BC (foto. dok pribadi)

Program ini telah dilaksanakan dari bulan April hingga Mei 2017 di SLB BC Fadhilah, satu-satunya SLB yang ada di Jatinangor. Menurut Dian, salah seorang anggota Tim Bom-Bom Car, pelatihan yang dilakukan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan dengan berbagai aktivitas untuk menstimulasi motorik halus anak, yang terdiri dari kegiatan senam motorik halus, kegiatan mengolah bahan tepung menjadi playdough, untuk mempersiapkan anak mengikuti stimulasi yang lebih kompleks. Kegiatan utama dari program ini adalah kegiatan carving dengan menggunakan lilin. Kegiatan carving ini sendiri terinspirasi dari kegiatan praktikum yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Gigi, yang ternyata bisa digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan aspek motorik halus pada anak-anak. Pelatihan pun disusun dalam 16 kali pertemuan dari tingkat yang mudah hingga tingkat yang sulit yaitu meng-carving lilin menjadi bentuk es krim.

Hasil program yang dilakukan Tim PKM-M ini ternyata mendapat sambutan baik dari pihak sekolah dan bermaksud untuk diadaptasi menjadi salah satu ekstrakulikuler ataupun pelajaran tambahan. Selain itu, pelatihan ini juga mendapat sambutan yang baik oleh gabungan SLB Gugus 45 sehingga diajak berkolaborasi dengan seluruh SLB yang ada di Tanjungsari untuk memberikan pelatihan kepada seluruh anak tunagrahita di SLBnya. “Respon baik ini diharapkan juga mendapat dukungan dari pemerintah ataupun pihak-pihak terkait yang bergerak dalam bidang sosial dan disabilitas sangat diharapkan, bagaimanapun, setiap anak berhak untuk bahagia, berprestasi, dan dipedulikan”, ungkap Elsa.

Ditulis oleh : Humas Fakultas Psikologi Unpad

 

 

Selamat Atas Prestasi Mahasiswa S1 di Berbagai Lomba Tingkat Nasional

Juara 3 dalam Lomba Cerdas Cermat Psycompilation National 2017

Sumber foto : http://senatpsikologiukm.tumblr.com/

Suatu kebanggaan bagi Siska (2014), Felansa (2014) dan Tata (2015) untuk bisa mengharumkan Fakultas Psikologi Unpad dalam lomba cerdas cermat Psycompilation National 2017 dan meraih juara 3. Perjuangan mereka tidak mudah karena harus menyisihkan 43 tim lainnya dari 26 universitas di Indonesia. Lomba ini diselenggarakan oleh Universitas Kristen Maranatha selama 3 hari berturut-turut pada tanggal 18-20 Mei 2017.  Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahunnya dan tahun ini diselenggarakan untuk yang ke-8 kalinya.

 

Juara 2 Favorit Lomba Design Intervnetion Psychology Fair 2017

Training modul mindfulness meditation “Pentagon : Pelatihan Peningkatan Geriatri’s attention”  mengantar tim dari Fakltas Psikologi, yang terdiri dari Elsa, Anggi, Phalosa, Marvin, Ocha, meraih juara 2 favorit pada lomba Design Intervention Psychology Fair 2017 di UKWMS Surabaya. Modul ini dibuat untuk caregiver lansia di Rusun Sumbo, Jawa Timur. Modul ini mengajarkan caregiver untuk melatih lansia agar bisa melakukan mindfulness meditation sehingga dapat meningkatkan atensi yang dapat meningkatkan mindfulness dan menurunkan emosi negatif seperti stress. Dalam modul pun terdapat alat peraga dan cara mengevaluasi untuk caregiver dan lansia.

 

Juara 1 Lomba Basket Putri SKP Maranatha 2017

 

 

SKP 2017 atau Sepekan Keakraban Psikologi 2017 adalah event yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Maranatha yang dimulai pada tanggal 6 Mei dan berakhir pada tanggal 13 Mei 2017. Event ini merupakan perlombaan olahraga basket dan futsal yang ditujukan untuk mahasiswa fakultas psikologi se-Bandung Raya bertujuan untuk mempererat keakraban antar mahasiswa se-Bandung Raya. Dalam event ini fakultas psikologi Unpad mengirimkan perwakilan untuk kedua cabang lomba yaitu basket dan futsal. Untuk cabang basket putri sendiri Fakultas Psikologi Unpad berhasil membawa pulang piala sebagai juara 1. Selamat kepada KK Basket!

Ditulis Oleh : BEM Fapsi UNPAD

Menyambung Tali Silaturahim dalam Buka Bersama Civitas Akademika FAPSI UNPAD

[psikologi.unpad.ac.id/08062017] Momen Ramadhan sering dijadikan kesempatan oleh warga Indonesia untuk menyambung tali
silaturahim. Civitas akademika Fakultas Psikologi Unpad pun ikut memanfaatkan momen ramadhan ini untuk menyambung tali silaturahmi antar civitas. Atas kerja sama dari BEM Kema Fapsi Unpad dan DKM Ath-Tholibin, acara buka bersama civitas pun diselenggarakan pada hari Rabu, 31 Mei 2017.
Acara buka bersama civitas tersebut pun turut dimeriahkan dengan penampilan dari KK musik dan paduan suara. Tidak hanya itu, BEM dan DKM pun turut mengundang teman-teman dari panti asuhan Huriyyah -Tulumah, Hegarmanah.
Teman-teman dari panti asuhan pun turut menambah kemeriahan hari itu dengan memberikan penampilan marawis. Selain diisi dengan berbagai penampilan, acara buka bersama civitas ini juga diisi oleh tausiyah dan ditutup dengan sholat taraweh berjamaah di Fakultas Psikologi Unpad.
Ditulis Oleh : BEM Psikologi UNPAD