Lebih Dekat dengan TTM : Training Tingkat Menengah

[Psikologi.Unpad.ac.id, 23/11/2017] TTM atau yang disebut Training Tingkat Menengah merupakan program kerja BEM yang bertujuan untuk memahami peran leadership di era millenial pada angkatan 2015 atau tingkat menengah di perkuliahan saat ini. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 18 November 2017 bertempatan di Fakultas Psikologi Unpad. Pemateri yang dihadirkan terdiri dari enam orang yang terdiri dari tiga orang mahasiswa, seorang praktisi, dosen Fakultas Psikologi Unpad, dan alumni Fakultas Psikologi Unpad. Materi yang dibawakan adalah sebagai berikut:

  • Diawali Miryam Wedyawasri, S.Psi., M.Psi yang membawakan materi tentang EI (Emotional Intelligence)
  • Talkshow dengan M. Zulfajri Taswin (Mawapres Unpad 2017) dan Novri Firmansyah (Ketua BEM Kema Unpad 2017) yang menjelaskan mengenai cara memimpin diri sendiri untuk terus berkembang dan berprestasi serta memimpin sekelompok orang atau organisasi dalam ruang lingkup Unpad di era Millenial.
  • Selanjutnya dilanjutkan M. Irfan Agia, S.Psi., M.Sc membahas mengenai effective communication di era Millenial.
  • Kemudian ditambahkan oleh Drs. Ekuslie Goestiandi sebagai Kepala HRD Astra International membahas mengenai karakteristik pemimpin di era millenial
  • Kemudian oleh Isman Muayyad sebagai mahasiswa FAPSI UNPAD membahas tentang teamwork dan fungsinya di era Millenial

Pemateri pun menyampaikan materi dengan santai dan penuh dengan contoh atau fakta yang terjadi di sekitar dan dirasakan oleh kebanyakan peserta. Peserta yang menghadiri sangat semangat dan meriah karena pemateri yang berasal dari luar psikologi serta ahli pada bidangnya sehingga mampu memberikan insight dan semangat bagi peserta untuk menghadapi era Millenial di kemudian hari.

Gua Aware Isu Kekinian (GUARDIAN)

[Psikologi.Unpad.ac.id, 25/10/2017]Kelas Guardian (Gue Aware dengan Isu Kekinian) ini telah dilaksanakan dengan tujuan peserta dapat mengetahui dan memahami pengetahuan dasar mengenai caramengkaji berbagai isu yang ada di lingkungan sekitar dengan baik dan tepat. Adapun setelah kelas, peserta diberikan kasus untuk dikerjakan secara individu di rumah untuk mengaplikasikan materi yang telah diberikan. Hasil pengerjaan tugas oleh peserta, akan diperiksan oleh panitia dan akan disebarluaskan dalam bentuk infografis.

 

TPD : Training Pengembangan Diri

[Psikologi.Unpad.ac.id, 12/11/2017] Kegiatan “Training Pengembangan Diri Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran 2017” yang merupakan alur ketiga dari APM 2017 dilaksanakan selama 2 hari yaitu, tanggal 4 & 5 November 2017 di Bale Santika. Kegiatan ini diadakan dengan maksud untuk menampilkan keterampilan yang menunjang selama masa perkuliahan di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran meliputi aspek akademik, sosial, dan organisasi (ASO). Pada hari pertama TPD, Pramuda Fapsi 2017 diajak melakukan 6 simulasi yang menarik nilai dari dimensi self management, social awareness dan sedikit social management. Pada hari kedua TPD, Pramuda Fapsi 2017 diajak untuk berinteraksi dengan civitas akademika dan bermain dengan satu angkatan untuk mencapai tujuan. Nilai dari 4 simulasi yang diberikan ingin menarik nilai dari dimensi sedikit social awareness dan lebih banyak pada dimensi social management. Kegiatan TPD Fapsi 2017 diakhiri dengan terselesaikannya games integratif dan ditayangkannya video TPD di hari kedua. Setelah penutupan acara berlanjut pada penutupan APM yang isinya adalah memberikan nasihat oada mahasiswa baru 2017 dan penyematan slayer sebagai simbol diterimanya mahasiswa baru 2017 sebagai keluarga civitas baru Fakultas Psikologi Univetsitas Padjadjaran. Setelah penyematan slayer, penutupan APM selesai dengan tanda bernyanyi melingkar bersama mahasiswa baru 2017 dan Civitas Akademika.

Academic Support

[Psikologi.Unpad.ac.id, 01/11/2017] Rangkaian Academic Support untuk Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran telah selesai dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan rangkaian Alur Penerimaan Mahasiswa Baru, di mana setelah mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan dapat adjust  di kehidupan akademik selama perkuliahan. Materi yang diberikan adalah academic reading, note taking, platform online, presentation, dan literature search.