SEMINAR IKAPSI (IKATAN ALUMNI PSIKOLOGI UNPAD)

[Psikologi.Unpad.ac.id, 25/11/2017] Kegiatan Seminar IKAPSI diadakan oleh Student Career Center Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 November 2017. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan supaya mahasiswa Fakultas Psikologi UNPAD tingkat III dapat memahami gambaran dunia kerja yang akan dihadapi dalam ruang lingkup psikologi. Selain itu juga mahasiswa tingkat III memahami gambaran pekerjaan pada bidang yang diminati.

Acara diawali dengan penjelasan mengenai positive psychology yang akan berhubungan dengan dunia kerja dan penjurusan yang diminati. Selanjutnya peserta diberikan kebebasan untuk memasuki kelas-kelas yang berisi alumni yang berkecimpung di bidang psikologi tertentu. Selama di kelas peserta dapat mendengarkan penjelasan dan bertanya-tanya mengenai lingkup dan lingkungan kerja masing-masing bidang psikologi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses, terbukti dengan semua indikator berhasil tercapai.

Temu Ilmiah IKA S3 Psikologi Unpad

[psikologi.unpad.ac.id/21102017] Pada tanggal 20 Oktober 2017 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan IKA S3 Psikologi UNPAD menyelenggarakan kegiatan Temu Ilmiah IKA S3 Psikologi UNPAD dalam rangka Dies Natalis ke-56 Fakultas Psikologi Unpad. Kegiatan ini digagas oleh para alumni program studi S3 (Doktor Psikologi) sebagai tempat berbagi ilmu dan pengalaman penelitian yang telah dilakukan oleh para alumni setelah para alumni ini lulus. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan ajang kerjasama penelitian baik untuk mahasiswa S3, S2, maupun S1 yang tertarik pada bidang-bidang ilmu psikologi yang disajikan oleh para alumni.

Para Pembicara Temu Ilmiah IKA S3 Fakultas Psikologi UNPAD (Dok : IKA S3 Fapsi UNPAD)

Kegiatan Temu Ilmiah IKA S3 Psikologi UNPAD ini dihadiri oleh 70 orang peserta dari berbagai universitas, seperti UNPAD, Maranatha, Tarumanegara, UIN Bandung, UNIBI, Atmajaya, UI, UPI, dengan para pembicara sebagai berikut :

Keynote Speech: Prof. Dr. Suryana Sumantri, MSIE., Psikolog

Sesi 1 – Moderator: Dr. Ugung Dwi Ariowibowo, M.Si., Psikolog

  1. Career and Gen Y – Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si, Psikolog
  2. Career Performance – Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog
  3. Strategi Mengembangkan Proses Belajar Siswa – Dr. Indun L. Setiono, M.Si., Psikolog

Sesi 2 – Moderator: Dr. Ugung Dwi Ariowibowo, M.Si., Psikolog

  1. Work-Family Balance – Dr. Artiawati, M. App., Psych.
  2. Current Trends in Military Psychology – Brigjen. Dr. Arief Budiarto, DESS, Psikolog
  3. Qalbu Quotient : Heart-Based Behavioral Management – Dr. Yon Nofiar, Psikolog, CBC, CSPHR

(klik judul untuk mengunduh materi)

Peserta Temu Ilmiah IKA S3 Fakultas Psikologi UNPAD (Dok. IKA S3 Fapsi UNPAD)

Acara yang berlangsung selama 4 jam ini telah menjadi inspirasi bagi kita semua, menjadi tempat belajar bersama dari para ilmuwan hebat, dan juga sebagai ajang silaturahim dan temu kangen dengan para alumni S3 Fakultas Psikologi UNPAD. Terimakasih kepada IKA S3 Psikologi UNPAD yang telah menginisiasi kegiatan ini, semoga dapat menjadi kegiatan rutin tahunan di kampus kita tercinta.

[slideshow_deploy id=’3450’]

 

 

Ditulis oleh : Laila

 

Tracer Study 2017 : Pentingnya Pengetahuan Mengenai “Career Path” bagi Para Mahasiswa

[psikologi.unpad.ac.id/03082017] Pada tanggal 22 Juli 2017, bertempat di Biro Inovasi dan Pelayanan Psikologi, Bandung, Fakultas Psikologi menggelar Tracer Study pada pukul 10.00-14.00 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk

  1. mendapatkan evaluasi dari para alumni Fakultas Psikologi mengenai kompetensi yang dimiliki oleh lulusan S1 dan S2 Profesi
  2. mendapatkan masukan mengenai pengetahuan dan kompetensi yang harus diajarkan pada mahasiswa S1 dan S2 untuk memudahkan penyesuaian diri dengan tuntutan pekerjaan di masa sekarang.

Bentuk kegiatannya adalah Focus Group Discussion (FGD) yang dipandu oleh seorang moderator. Kegiatan ini diikuti oleh 21 alumni Fakultas Psikologi yang dibagi kedalam 3 kelompok FGD. Kelompok FGD yang pertama secara khusus mengevaluasi dan memberikan masukan untuk prodi sarjana berdasarkan pengalaman mereka bekerja dengan latar belakang pendidikan sarjana psikologi. Sedangkan kelompok yang kedua memberikan masukan untuk prodi magister psikologi profesi, berdasarkan pengalaman mereka bekerja sebagai psikolog diberbagai bidang pekerjaan. Kelompok FGD ketiga adalah golongan professional yang sudah sangat sering (di atas 10 tahun) mempekerjakan alumni S1 dan S2 Fakultas Psikologi di Indonesia, sehingga bisa memberikan masukan menyeluruh terhadap prodi S1 dan S2.

Beberapa hal penting yang didiskusikan diantaranya (1) masih kelirunya masyarakat (termasuk pemerintah) pengguna jasa psikologi memahami perbedaan sarjana psikologi dan psikolog, lingkup pekerjaan, hak wewenang dan keterbatasan masing-masing (2) perlunya alumni untuk diberikan ruang dan waktu untuk sharing dengan mahasiswa mengenai dunia kerja, sebagai pembicara tamu di berbagai mata kuliah di Fakultas Psikologi sesuai dengan topik pada mata kuliah tersebut (3) kelebihan lulusan Fakultas Psikologi Unpad yang diakui oleh pengguna yang harus dipertahankan untuk diajarkan, kelemahan-kelemahan lulusan Fakultas Psikologi Unpad dibandingkan alumni universitas lain dan langkah strategis untuk mengatasi kelemahan tersebut (4) pengetahuan/ilmu yang perlu diajarkan untuk meningkatkan career path alumni di saat ia bekerja (5) kekuatan dan kelemahan materi dan metode pengajaran, kepakaran dan pelayanan staf dosen, serta sistem administrasi di Fakultas Psikologi Unpad. Kegiatan ini perlu ditindaklanjuti dengan berbagai program perbaikan oleh Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

 

Ditulis oleh : Langgersari

Momen Kebersamaan dalam Reuni Akbar 55 Fakultas Psikologi Unpad

Pada hari Sabtu sore, 15 Oktober 2016, Jalan Setiabudi dan Hegarmanah Bandung menuju SECAPA AD menjadi sangat padat. Rupanya waktu tersebut bertepatan dengan Reuni Akbar memperingati Dies Natalis ke 55 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Tak kurang 750 hadirin yang memasuki ruangan Gedung Soedirman sejak pukul 16.00 hingga acara berakhir pukul 23.00. Acara Reuni dibuka oleh penampilan tim angklung Psymphonia Padjadjaran dan penampilan angklung bersama para alumni. Hadiah bagi 100 orang peserta pertama yang hadir, yaitu masing-masing membawa pulang angklung dengan tulisan grafir ‘Kenangan Reuni Fapsi Unpad 2016’.
img_8351
Setelah sholat magrib dan makan malam, acara dilanjutkan dengan seremonial pembukaan, yaitu lagu Indonesia Raya, Hymne Unpad, Hymne Himpsi, dan Hymne Psikologi Unpad. Hymne Himpsi sendiri, adalah buah karya dari tiga alumni Psikologi Unpad, alm. Prof.Dr.Soetardjo AW, serta Dr.Urip Purwono dan Herman Pasha. Diikuti dengan pembacaan doa, mengenang almarhum para pengajar Psikologi Unpad yang telah tiada, dan sambutan dari Ketua Panitia Noven Rozano, Ketua Umum Ikatan Alumni Fapsi Unpad Arief Budiarto, dan Ibu Dekan Dr. Hendriarti Agustiani.
Sejumlah penulis buku alumni Psikologi Unpad menggunakan momen Reuni Akbar ini sebagai kesempatan untuk meluncurkan komunitas penulis Psiunpad Writers Club. Di antara penulis yang hadir yaitu HR Director FKS Group yang juga Ketua Ikapsi periode sebelumnya, Michael Adryanto dan HR Director Maybank, Irvandi Ferizal. Para penulis ini menyumbangkan buku mereka untuk Perpustakaan Fapsi Unpad.
img_8364
Di tengah hujan, tampak hadir sejumlah tokoh yang ternyata merupakan alumni dari Psikologi Unpad, yaitu ketua Himpsi Jaya, Widura Imam Mustopo, serta penulis dan budayawan Buntje Harbunangin. Hadir pula para guru besar dan pengajar Psikologi Unpad baik yang masih aktif mengajar maupun yang sudah pensiun.
img_8377
img_8435
Sesi foto bersama adalah sesi yang paling ditunggu dan menghasilkan karya yang fenomenal. Dari foto ini terasa sekali betapa guyubnya alumni Psikologi Unpad lintas generasi, inilah foto yang kemudian banyak mengisi linimasa media sosial, bahkan hingga beberapa hari setelah acara tersebut digelar. Acara dilanjutkan dengan persembahan penampilan lintas angkatan.
Keberadaan reuni menjadi ajang bukan saja temu kangen, namun juga mengeratkan kembali hubungan dengan kawan lama, sungkem pada para dosen, serta mengenal kawan baru dari berbagai angkatan. Reuni, menjadi momen untuk melawan lupa. Hal yang paling membanggakan adalah, “Reuni ini menjadi bukti kekompakan alumni Psikologi Unpad,” kata Apin Aviyan, Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Alumni Ikapsi.
TIM KESEKRETARIATAN IKAPSI UNPAD
Ditulis oleh : Hesti
Foto oleh : Seno