Academic Refreshment

[Psikologi.Unpad.ac.id, 26/11/2017] Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran melakukan kegiatan Academik Refreshment pada tanggal 30 Oktober 2017 yang membahas mengenai teknik-teknik merancang asesmen dalam pembelajaran.

Pemateri dari kegiatan Academic Refreshment kali ini adalah Hery Susanto, S.Psi., M.Psi dan Airin Triwahyuni, S.Psi., M.Psi. Kedua pemateri menjelaskan masalah-masalah mengenai banyaknya perubahan yang terjadi pada lingkungan yang kemudian berpengaruh juga terhadap keilmuan dan pengajaran psikologi khususnya di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Asesmen sangat penting dan berhubungan dengan bagaimana pengajar atau dosen akan menggunakan atau melakukan aktivitas belajar mengajar, dan proses pembelajaran itu akan memberikan hasil dan feedback untuk diteliti kemudian.

Setelah itu materi pun dilanjutkan dengan penjelasan mengenai:

  • Perspektif terhadap asesmen pembalajaran
  • Tujuan asesmen
  • Variabel yang akan diases
  • Metode-metode asesmen pembelajaran
  • Mengetes kualitas proses asesmen, dan
  • Penggunaan informasi dari hasil asesmen

Setelah pematerian, dosen dan tenaga pengajar Fakultas Psikologi Unpad berpendapata dan berdiskusi mengenai hal-hal yang terkait dengan pengembangan penelitian dan pengajaran di kelas. Hal ini selain membantu mahasiswa selama proses perkuliahan dapat juga membantu dosen untuk mengetahui karakteristik dan teknik pengajaran apa yang tepat dengan mata kuliah atau situasi yang terjadi di kelas.

Ngariung Bareng Dekanat

[Psikologi.Unpad.ac.id, 15/11/2017] Ngariung bareng Dekanat merupakan salah satu bentuk program kerja pelayanan (sevakrita) dari BEM Fakultas Psikologi Unpad, Departemen Kesejahteraan Mahasiswa. Tujuan dari program kerja ini adalah untuk memfasilitasi civitas dalam mendengarkan secara langsung respon dan tanggapan dari pihak dekanat terkait aspirasi yang sudah dikumpulkan lewat Kolom Aspirasi BPM.

Pada tanggal 8 Novermber 2017, kegiatan Ngariung bareng Dekanat dilakukan di Gedung 2 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dan acara ini merupakan pelaksanaan yang kedua. Acara ini dihadiri oleh pihak dekanat, yaitu Zahrotur Rusyda Hinduan,S.Psi., MOP, Ph.D., Langgersari Elsari Novianti, S.Psi, M.Psi, dan Dr. Irwan Ary Dharmawan Direktur Sarana Prasarana Universitas Padjadjaran dari direktur sarana prasarana Unpad, juga dihadiri oleh mahasiswa fakultas psikologi Unpad. Hal yang dibicarakan pada saat itu mengenai aspirasi-aspirasi mahasiswa terkait sarana dan prasarana dan akademik dan beberapa aspirasi tersebut ada yang bisa direalisasikan.

(Jen)

Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran 2017/2018

 

[Psikologi.Unpad.ac.id, 03/11/2017]Penerimaan mahasiswa baru fapsi unpad merupakan rangakaian yang dilaksanakan guna untuk menyambut mahasiswa baru Fapsi unpad dan sarana untuk memperkenalkan Fakultas Psikologi Unpad. Tahun ini PMB Fakultas  Psikologi Unpad dilangsungkan selama 3 hari. Berdasarkan informasi yang didapat dari ketua PMB Fapsi Unpad, yaitu Halim Wijaya mengatakan bahwa sebelumnya maha siswa baru diberikan informasi terlebih dahulu mengenai apa saja yang harus dipersiapkan selama PMB pada saat Open House.

“PMB 2017 ini dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama, yaitu hari dimana mahasiswa baru Fapsi Unpad diterima secara resmi melalui Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru yang dihadiri langsung oleh pihak Dekanat Fapsi Unpad. Kemudian, di hari kedua pemaparan tentang informasi umum mengenai Fakultas Psikologi Unpad, dimulai dari sejarah, apa saja yang akan dipelajari, apa saja prospek kerja seorang sarjana psikologi, serta informasi lainnya yang masih berkaitan dengan Fapsi Unpad. Di hari ketiga, hari terakhir PMB, mahasiswa baru Fapsi Unpad diberi informasi mengenai basic atau dasar apa saja yang harus mereka lakukan untuk bisa survive di Fapsi Unpad kedepannya, kemudian tak hanya itu mereka juga dipertemukan dan dikenalkan dengan civitas Fapsi Unpad dan ormawa-ormawa yang ada di Fakultas Psikologi Unpad, serta diberikan informasi mengenai lingkungan fisik sekitar Fapsi Unpad” tambah Halim.

PMB tahun ini dilaksanakan pada 23, 25-26 Agustus 2017 yang bertempat di Fakultas Psikologi unpad. Dengan adanya PMB ini diharapakan dapat membantu mahasiswa baru untuk dapat mengenal Fakultas Psikologi Unpad lebih jauh lagi serta dapat membantu mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri dalam menjalani perkuliahan di Fakultas Psikologi Unpad.

PMB 2017!!! “My Heart, My Mind, Connected For My Journey!”

 

(Jen)