Laboratorium

Laboratorium 2018-04-11T20:32:56+00:00

Laboratorium Psikologi

          Laboratorium Psikologi ini bertujuan untuk memfasilitasi semua kegiatan praktikum mahasiswa, penelitian dan pengembangan alat tes psikologi. Sarana ini berada di  lantai 2 dan 3 gedung II Kampus Jatinangor. Fasilitas yang dimiliki oleh laboratorium terdiri dari :

  • 40 ruang praktikum individual yang dilengkapi dengan one-way mirror dan CCTV
  • 5 ruang observasi dengan one-way mirror
  • 1 ruang display alat praktikum
  • 1 ruang administrasi
  • 1 ruang pantau CCTV
  • 1 bengkel kerja

Untuk memfasilitasi proses pembelajaran dalam peningkatan keterampilan profesional mahasiswa, laboratorium Psikologi memiliki alat-alat praktikum di antaranya :

  1. Digital Speed Anticipation Reaction Tester dan Simple Reaction Time Tester adalah instrumen eksperimental yang bertujuan untuk mengukur kecepatan waktu reaksi, yaitu interval waktu yang dibutuhkan untuk munculnya suatu reaksi atau respon akibat disajikan suatu stimulus. Instrumen ini dapat diberikan baik ketika ada gangguan ataupun tanpa gangguan.
  2. Depth Perception Box adalah sebuah instrumen yang digunakan untuk mengukur persepsi kedalaman. Pengukuran dengan menggunakan instrumen in menghasilkan data mengenai persepsi jarak relatif individu dengan objek yang diamatinya dengan atau tanpa gangguan.
  3. Muller-Lyer Illusion Tester adalah instrumen untuk melihat kekeliruan yang dapat dilakukan dalam proses persepsi indra penglihatan
  4. Poggendorf Illusion Tester adalah sebuah instrumen eksperimen yang bertujuan untuk memberikan ilusi Ilusi Pongendorf adalah suatu pengaruh yang diberikan pada percobaan dalam memersepsi huruf Gestalt yang disusun berdasarkan prinsip Factor of clusure (bagian huruf yang terpotong atau tidak bersambung). Dengan demikian, instrumen ini bertujuan untuk melihat effek dari Ilusi Pongendorf dalam persepsi huruf Gestalt.
  5. Steadiness Tester adalah digunakan untuk mengukur koordinasi visual motorik. Di dalam eksperimen koordinasi visual motorik dapat dianalogikan sebagai pekerjaan rutin yang dihadapi subjek dalam situasi kerjanya.
  6. Wiggly Block adalah sebuah instrumen yang bertujuan untuk mengukur kemampuan konstruksi visual pada objek tiga dimensi.
  7. Visual Motor Coordination Tester adalah digunakan untuk mengukur koordinasi visual motorik. Instrumen ini mengukur aspek sama sama alnya dengan Steadiness Tester namun dengan proses percobaan yang berbeda.
  8. Mirror Tracing Apparatus adalah instrumen eksperimen yang digunakan untuk banyak penelitian eksperimen. Bertujuan untuk melihat kemampuan belajar motorik dan koordinasi visual. Subjek diminta untuk menelusuri pola dengan melihat cermin sehingga subjek tidak melihat pola tersebut secara langsung.

Kesemua alat-alat praktikum dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran dalam mata kuliah Psikologi Eksperimen.