Kelompok Kegiatan

Kelompok Kegiatan 2018-08-28T12:54:22+00:00

Kelompok Kegiatan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

1. Kelompok Pecinta Anak & Remaja ( KPAR )

Kelompok Kegiatan Pecinta Anak dan Remaja atau KPAR adalah kelompok kegiatan yang berada di bawah naungan Departemen Pengabian Kepada Masyarakat BEM Kema Fakultas Psikologi Unversitas Padjadjaran. Fokus utama dari KK KPAR adalah concern terhadap isu-isu berkaitan dengan anak dan remaja yang dikaji dari ilmu psikologi. Selain mengadakan kegiatan internal yang bertujuan mengembangkan pengetahuan dan skill anggota KPAR berkaitan dengan anak dan remaja, KPAR juga mengadakan kegiatan bersama anak dan remaja yang tinggal di Jatinangor dan sekitarnya dengan tujuan mengedukasi. Kegiatan yang ditujukan untuk anak adalah Cerita Keliling dan Festival Hari Anak Nasional, sedangkan untuk remaja adalah Sex Education.

Organigram KPAR :

2. Psymphonia

Psymphonia adalah kelompok kegiatan musik angklung dari fakultas psikologi. Psymphonia kerap kali menjadi pengisi acara di berbagai kegiatan baik dalam maupun luar fakultas. Bahkan pernah tampil di ajang internasional di Thailand. Keunikan dari penampilan psymphonia adalah pembawaan permainan angklung yang ceria.

Organigram Psymphonia :

3. Respati Gayatri

Respati Gayatri merupakan sebuah kelompok kegiatan yang menekuni bidang tari tradisional. Respati Gayatri sendiri memiliki arti perempuan dengan tiga kekuatan, yaitu Wirasa, Wiraga, dan Wirama yang ketiganya merupakan unsur dari sebuah tarian. Macam-macam tarian yang dipelajari dalam Respati Gayatri adalah tari Saman, Gereget Jawara, Nandak Ganjen, dan Merak. Tidak hanya menari, Respati Gayatri juga memiliki kegiatan-kegiatan internal dan eksternal. Kegiatan internal yang dilakukan yaitu mengadakan workshop make-up dan melaksanakan acara bonding sesama anggota. Sementara untuk kegiatan eksternal yaitu tampil di acara fakultas dan mengikuti beberapa lomba. Anggota yang sekarang aktif tergabung dalam Respati Gayatri adalah 68 orang, dimana semuanya merupakan mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

Organigram Respati Gayatri :

4. Trisula Magazine

Trisula Magazine (Trimagz) adalah sebuah kelompok yang bergerak pada bidang jurnalistik di Fakultas Psikologi Unpad. Trimagz bertujuan untuk memberikan informasi yang bersifat informatif dan edukatif dari dalam maupun luar Fakultas Psikologi Unpad sehingga dapat terangkum dalam suatu majalah kepada masyarakat umum. Trimagz meraih para pembaca melalui word of mouth serta berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, Line, dan Website yang inter-aktif. Sebagai majalah berbasis anak muda, Trimagz juga meliput berbagai acara yang tengah populer si masyarakat terutama kalangan mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atasinovasi dan kreativitas mereka. Sejak tahun 2015 Trimagz membentukan gebrakan dengan membuka kerjasama sebagai media partner dan pemasaran produk lokal dalam bentuk pemasangan iklan.

Organigram Trisula Magazine :

5. Basket

Kelompok Kegiatan Basket atau KKB adalah kelompok kegiatan yang berada di bawah naungan Departemen Olahraga dan Seni BEM KEMA Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Fokus utama dari KKB adalah penyaluran minat dan bakat terkait permainan basket. Anggota Kelompok Kegiatan Basket untuk Tim Putra terdapat  12 anggota aktif, serta untuk Tim Putri terdapat 15 anggota aktif, dan 2 orang manager pada setiap tim. Prestasi yang sudah dicapai KKB dalam 5 tahun terakhir ini, yaitu , Juara II Basket Putri Piastro Universitas Indonesia  2013, Juara II Basket Putri Forsi Universitas Padjadjaran 2013, Juara I Basket Putri SKP Universitas Maranatha 2014, Juara II Basket Putri Medicalimpic 2014, Juara III Basket Putri Forsi Universitas Padjadjaran  2014, Juara II Basket Putri SKP  Universitas Maranatha 2015, Juara II Basket Putri Forsi Universitas Padjadjaran 2015, Juara III Basket Putri Forsi Universitas Padjadjaran  2016, Juara II Basket Putri Psychology Summit  Universitas Indonesia 2016, Juara II Basket Putra Psychomeet Atma Jaya 2017, Juara III Basket Putra Medication Farmasi Universitas Padjadjaran 2017, dan Juara II Basket Putra SKP Universitas Maranatha 2018

Organigram Basket :

6. Futsal

Kelompok Kegiatan Futsal adalah wadah bagi mahasiswa/I untuk menyalurkan dan mengembangkan minat, bakat, kemampuan, dan keterampilan pada bidang futsal. Kelompok Kegiatan Futsal melakukan latihan rutin bagi para anggotanya dan civitas Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran agar dapat menjuarai kompetisi futsal.

Organigram Futsal :

7. Persona

Persona adalah salah satu kelompok kegiatan bidang seni di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Berawal dari sebatas komunitas teater, Persona kemudian diresmikan menjadi kelompok kegiatan di tahun 2013. Sekarang Persona adalah satu-satunya kelompok kegiatan di Fakultas Psikologi yang berkecimpung di dunia seni peran.

Organigram Persona :

8. Paduan Suara

Padsu atau Paduan Suara ini merupakan salah satu kelompok kegiatan yang ada di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Kegiatan rutinnya yaitu mengisi acara-acara yang ada di fakultas, seperti Bukber Civitas, Sidang Senat, PMB, maupun kegiatan lain yang diadakan oleh fakultas juga oleh mahasiswa Fapsi. Selain mengisi acara, padsu juga sesekali mengikuti lomba vocal group maupun paduan suara yang diadakan di Universitas dengan membawa nama fakultas. Dihiasi canda tawa, kita bernyanyi bersama membentuk sebuah harmoni 😀

Organigram Paduan Suara :

9. Technotainment ( TNT )

Kelompok kegiatan Technotainment atau bisa disingkat TNT merupakan kelompok kegiatan dari Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang mewadahi orang-orang dengan minat di bidang fotografi, film, dan desain.

Organigram TNT :

10. Scientific Gateway (SG)

Scientific Gateway merupakan kelompok kegiatan yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Fapsi Unpad dalam mengikuti berbagai perlombaan keilmiahan, khususnya bidang debat, cerdas cermat, dan karya tulis ilmiah. Setiap minggunya rutin dilaksanakan pertemuan atau latihan, dan dibimbing oleh mentor yaitu kakak tingkat yang kompeten dan sudah berpengalaman pada bidang-nya. Selain itu, Scientific Gateway juga rutin mengadakan seleksi untuk setiap perlombaan yang akan diikuti, dan mahasiswa yang lolos seleksi akan difasilitasi latihan khusus untuk lomba tersebut. Adapun prestasi yang sudah diraih oleh Scientific Gateway adalah sebagai berikut:
a. Debat: Juara 1 Psychofest 2017, Juara 2 Psychology Fair 2018, Juara 3 Psychodebate 2018
b. Cerdas Cermat: Juara 1 Psychoexpo 2017, Juara 3 Psychompilation 2017, Juara 1 Psychosmart 2018
c. Karya Tulis Ilmiah: Presenter pada konferensi internasional AAICP di Malaysia 2018, Lolos paper pada konferensi internasional ICOAS di Madrid 2018.