Academic Refreshment

[Psikologi.Unpad.ac.id, 26/11/2017] Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran melakukan kegiatan Academik Refreshment pada tanggal 30 Oktober 2017 yang membahas mengenai teknik-teknik merancang asesmen dalam pembelajaran.

Pemateri dari kegiatan Academic Refreshment kali ini adalah Hery Susanto, S.Psi., M.Psi dan Airin Triwahyuni, S.Psi., M.Psi. Kedua pemateri menjelaskan masalah-masalah mengenai banyaknya perubahan yang terjadi pada lingkungan yang kemudian berpengaruh juga terhadap keilmuan dan pengajaran psikologi khususnya di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Asesmen sangat penting dan berhubungan dengan bagaimana pengajar atau dosen akan menggunakan atau melakukan aktivitas belajar mengajar, dan proses pembelajaran itu akan memberikan hasil dan feedback untuk diteliti kemudian.

Setelah itu materi pun dilanjutkan dengan penjelasan mengenai:

  • Perspektif terhadap asesmen pembalajaran
  • Tujuan asesmen
  • Variabel yang akan diases
  • Metode-metode asesmen pembelajaran
  • Mengetes kualitas proses asesmen, dan
  • Penggunaan informasi dari hasil asesmen

Setelah pematerian, dosen dan tenaga pengajar Fakultas Psikologi Unpad berpendapata dan berdiskusi mengenai hal-hal yang terkait dengan pengembangan penelitian dan pengajaran di kelas. Hal ini selain membantu mahasiswa selama proses perkuliahan dapat juga membantu dosen untuk mengetahui karakteristik dan teknik pengajaran apa yang tepat dengan mata kuliah atau situasi yang terjadi di kelas.