PEMBEKALAN MAGANG

[Psikologi.Unpad.ac.id, 23/11/2017] Kegiatan “Pembekalan Magang” yang diadakan oleh Student Career Center Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dengan bekerjasama dengan IKAPSI ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juni 2017. Kegiatan ini diadakan dengan maksud untuk mempersiapkan mahasiswa tingkat III dalam melaksanakan kegiatan magang serta membantu mereka dalam membuat Curriculum Vitae yang baik. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.45 WIB  sampai dengan kurang lebih 14.45 WIB. Kegiatan diawali dengan sesi materi oleh Kang Arief Budiarti selaku Ketua IKAPSI. Pada sesi ini, Kang Arief menjelaskan mengenai gambaran pelaksanaan magang, tujuan magang, kewajiban mahasiswa selama magang, dan apa saja yang kita lakukan selama magang.

Sesi kedua dibawakan oleh Kak Fatima dimana di sesi ini Kak Fatima bercerita mengenai pengalamannya ketika magang. Bukan hanya pengalamannya yang ia ceritakan, tetapi Kak Fatima juga menjelaskan pekerjaan apa saja yang ia lakukan di sana dan bagaimana aturan di perusahaan tempat ia magang. Magang merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi Kak Fatima. Kak Fatima pun kemudian menceritakan manfaat apa saja yang didapatnya ketika magang dan yang akan didapatkan Mahasiswa tingkat III ketika magang nanti.

Setelah sesi dari Kak Fatima, Mahasiswa tingkat III dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian didampingi alumni untuk melakukan sesi review curriculum vitae. Setelah kurang lebih 30 menit, sesi tersebut berakhir dan dilanjutkan dengan break sampai dengan pukul 13.00 WIB. Setelah break, acara pun dimulai kembali dan kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi “Craft Your CV” yang dibawakan oleh Kak Agia. Materi pada sesi ini berisi cara-cara membuat CV yang lebih baik dan format-format CV. Sesi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan ke sesi selanjutnya yang dibawakan oleh Kak Arina, Kang Andi, dan Kak Rangga. Pada sesi ini, dilakukan pendataan dan placement terhadap Mahasiswa tingkat III yang ingin melakukan kegiatan magang. Pada sesi ini juga diberikan pilihan-pilihan perusahaan yang masih membuka lowongan untuk yang akan magang. Sesi ini berakhir sekitar pukul 14.45 WIB. Selanjutnya, sebelum acara secara resmi diakhiri, dilakukan evaluasi program yang dibawakan oleh BPM.