Psyweek “I Care For Mental Health”

[Psikologi.Unpad.ac.id, 28/10/2017] Psyweek merupakan salah satu kegiatan mahasiswa terbesar dibawah naugan BEM Fakultas Psikologi Unpad. Acara ini diikutsertakan dalam rangakaian Dies Natalis Fakultas Psikologi Unpad yang ke – 56. Terdapat tiga rangkain utama dalam acara Psyweek ini.

Pertama, Psyferia. Psyferia adalah kompetisi dalam bidang akademik yang di dalamnya terdiri dari empat perlombaan yaitu cerdas cermat, debat, iklan dan karya tulis ilmiah (KTI) berupa essay ilmiah. Pelaksanaan Psyferia akan dilakukan selama 3 hari dan akan berlokasi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran pada Sabtu, 30 September 2017 s.d Minggu, 01 Oktober 2017.

Kedua, Troops. Troops adalah singkatan dari Three on Three on Psychology yang merupakan sebuah acara pertandingan basket tiga lawan tiga yang diadakan dalam rangkaian acara Psyweek 2017. Dalam rangkaian Psyweek, troops berperan mengkampanyekan kesehatan mental dengan berolahraga. Troops merupakan nama baru lomba 3 on 3 Psychology yang diadakan Fakultas Psikologi Unpad sejak tahun 2015, yang memiliki arti sekumpulan pasukan yang akan maju berperang. Psyweek dan Troops 2017 mengusung tema besar mengenai kesehatan mental dan pada tahun 2017 ini berfokus pada kecemasan (anxiety disorder). Kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu, 07 Oktober 2017 s.d Minggu, 08 Oktober 2017 bertempat di GOR Pajajaran Bandung.

Dan yang ketiga adalah Psycare. Psycare 2017 merupakan rangkaian acara pertama dari Psyweek 2017 yang bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya di sekitar Bandung dan Jatinangor mengenai Kesehatan Mental khususnya mengenai Anxiety Disorder. Bentuk acara Psycare 2017 adalah seminar, live acoustic, dan mental-stress check up yang bekerjasama dengan Departemen Klinis Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 10 Oktober 2017 bertempat di Bale Santika, Universitas Padjadjaran.

Demikian beberapa rangkaian kegiatan Psyweek Fakultas Psikologi Unpad. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberi ilmu serta berbagi manfaat terutama dalam hal kesehatan mental. “I Care For Mental Health”

 

(Jen)