Zulfajri Shadiq Taswin Raih Juara Pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Unpad 2017

[Unpad.ac.id, 25/04/2017] Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Muhammad Zulfajri Shadiq Taswin meraih juara pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2017 tingkat universitas. Ia pun terpilih untuk menjadi perwakilan Unpad dalam Pilmapres 2017 tingkat nasional yang digelar Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mei hingga Juli 2017 mendatang.

Mahasiswa Berprestasi terpilih 2017 berfoto bersama dengan Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum. dan ketua tim juri Dr. Yus Nugraha, usai Pengumuman Pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2017, di Ruang Rapat Bersama, Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Selasa (25/04). (Foto: Tedi Yusup)*

“Untuk maju ke tingkat nasional, kami masih ingin memberikan pembekalan tambahan,” ungkap Ketua Tim Juri Pilmapres Unpad 2017, Dr. Yus Nugraha saat memberikan sambutan dalam Pengumuman Pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2017, di Ruang Rapat Bersama, Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Selasa (25/04).

Zulfajri terpilih menjadi juara pertama Pilmapres Unpad setelah sebelumnya melalui serangkaian seleksi di tingkat fakultas dan universitas. Juara kedua Pilmapres Unpad diraih Ulfah Hasna Hasibah dari Fakultas Kedokteran, dan juara ketiga diraih Ratu Durofun Nafisah dari Fakultas Hukum.

Dr. Yus mengungkapkan bahwa di tingkat universitas, Pilmapres dilaksanakaan dalam dua tahap seleksi. Tahap pertama dilaksanakan di Kampus Unpad Jatinangor pada 12-13 April 2017, yang diikuti oleh 19 mahasiswa terbaik dari setiap fakultas. Dari seleksi tahap pertama, terpilih lima mahasiswa untuk mengikuti seleksi tahap kedua yang digelar di Unpad Training Center pada 22-23 April 2017 lalu.  Penilaian yang dilakukan antara lain terkait hardskills dan softskills mahasiswa, seperti karya tulis ilmiah, prestasi yang pernah diraih, Bahasa Inggris/asing, kepribadian, dan nilai akademik.

Sementara itu, Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum. mengungkapkan bahwa Unpad senantiasa mendorong mahasiswanya untuk berprestasi. Di kompetisi yang diikuti, diharapkan mahasiswa Unpad bukan hanya menjadi partisipan, tetapi benar-benar menjadi kompetitor yang diperhitungkan.

“Maka setiap mahasiswa kita yang akan berkompetisi baik di ranah nasional maupun internasional, selalu diseleksi lebih ketat,” ungkap Prof. Reiza.

Pada Pilmapres tingkat nasional tahun ini, Unpad sendiri menargetkan setidaknya bisa masuk 3 besar. Untuk itu, Unpad pun berupaya melakukan berbagai pembenahan dan pembekalan kepada mahasiswa agar target tersebut tercapai. Menurut Prof. Reiza, mahasiswa yang telah terpilih di tingkat universitas merupakan mahasiswa yang dinilai layak untuk mewakili Unpad di tingkat nasional. Mahasiswa tersebut pun akan dipersiapkan agar lebih matang lagi dalam menghadapi kompetisi nasional.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana/wep

Sumber berita : http://www.unpad.ac.id/2017/04/zulfajri-shadiq-taswin-raih-juara-pertama-pemilihan-mahasiswa-berprestasi-unpad-2017/